Elite NasDem Usul Duet Anies-AHY, Demokrat Mengaku Nyaman

Duet Anies-AHY diprediksi akan unggul di Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times — Partai Demokrat mengaku merasa nyaman setelah mendengar kabar Anies Baswedan akan dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhyono (AHY) oleh elite NasDem dalam Pilpres 2024 mendatang.

Kepala Badan Komunikasi Strategi Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, berdasarkan survei internalnya, duet Anies-AHY memiliki elektabilitas tinggi dan berpotensi memenangkan Pilpres 2024.

“Terkait dengan wacana duet Anies-AHY, kami juga akan melaksanakan survei secara internal dan terus mencermati hasil berbagai lembaga survei lainnya, termasuk yang menempatkan duet Anies-AHY sebagai pasangan capres-cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi dan berpotensi memenangkan Pilpres 2024,” kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: SMRC: Peta Persaingan Sengit Prabowo-Puan vs Anies-AHY di Pilpres 2024

1. Demokrat merasa nyaman dengan NasDem dan PKS

Elite NasDem Usul Duet Anies-AHY, Demokrat Mengaku NyamanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Nasdem Tower, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Herzaky juga mengaku partainya sudah merasa nyaman dengan Partai NasDem dan PKS. Menurutnya, tiga pihak sudah memiliki komunikasi yang baik, bahkan dengan Anies Baswedan yang dicalonkan NasDem untuk maju sebagai bakal capres 2024.

“Dalam beberapa pertemuan terakhir, Ketum AHY dengan Ketum Nasdem Bang Surya Paloh menunjukkan keakraban. Ketokohan Bang Surya Paloh dalam dunia politik dan kebangsaan sudah sangat teruji, dan beliau memberikan perhatian khusus dalam mendorong tokoh-tokoh muda untuk tampil sebagai pemimpin nasional,” ujar Herzaky.

2. Tetap bangun kesepahaman dengan NasDem-PKS

Elite NasDem Usul Duet Anies-AHY, Demokrat Mengaku NyamanSekjen PKS Habib Aboe Bakar dan Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Selain itu, Herzaky mengaku sejauh ini pihaknya tetap mengedepankan kesepahaman dengan Partai NasDem dan PKS. Pihaknya juga tetap mendengarkan aspirasi publik terkait Pilpres 2024.

“Pada saatnya nanti, dalam menentukan pasangan calon presiden dan wakil presiden, semua mitra koalisi berada dalam posisi yang setara dan akan membicarakan secara bersama. Tentu dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari masyarakat dan peluang untuk kemenangan Pilpres 2024,” tuturnya.

3. Elite NasDem usul duet Anies-AHY

Elite NasDem Usul Duet Anies-AHY, Demokrat Mengaku NyamanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, elite Partai NasDem Zulfan Lindan, mengusulkan duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhyono (AHY) untuk Pilpres 2024. Menurutnya, pasangan ini bakal memenangkan pilpres ke depan.

Zulfan menilai, Anies-AHY bisa memenangi Pilpres 2024 karena sudah bisa menguasai beberapa suara di daerah. Dia mengklaim, Anies bisa menguasai suara di Sumatra, sementara AHY unggul suara di Jawa Timur.

“Saya kira ini kalau terjadi antara Anies dengan AHY, ini selesai (menang),” kata dia dalam diskusi di Jakarta, Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Demokrat Sambangi Nasdem, Pakar Sebut Sinyal AHY-Anies di Pemilu 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya