Golkar Ungkap 3 Kandidat Capres yang Disenangi Jokowi, Anies Termasuk?

Potensi Jokowi buka peta politik 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua DPD Partai Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena, mengungkap tiga nama yang disenangi Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Tiga nama itu sering kali muncul dalam survei capres.

Politikus yang akrab disapa Melki itu menyebutkan, ketiga nama tersebut yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Kata orang, Pak Jokowi senangnya ya itu dengan Ganjar Pranowo, Pak Prabowo, dan Pak Airlangga Hartarto,” ujar Melki di Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Survei: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies Jika Head To Head di 2024

1. Potensi Jokowi buka peta politik 2024

Golkar Ungkap 3 Kandidat Capres yang Disenangi Jokowi, Anies Termasuk?Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam acara Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno (ERPPP) ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Nusa Dua, Bali, Sabtu (2/7/2022). (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto/pri.)

Melki mengatakan kesukaan Jokowi pada tiga tokoh itu disebut karena kinerja mereka yang baik. Kendati, tak ada jaminan Jokowi bakal menyokong ketiga tokoh tersebut sebagai capres pada Pilpres 2024.

Menurut Melki, kesukaan Jokowi pada tiga tokoh tersebut bisa membuka peluang peta politik 2024 yang baru.

“Artinya ke depan ini bisa faktor Pak Jokowi berpotensi membuat peta politik 2024,” kata dia.

2. Jokowi disebut pegang semua partai politik di internal pemerintah

Golkar Ungkap 3 Kandidat Capres yang Disenangi Jokowi, Anies Termasuk?Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jokowi juga disebut memegang semua partai politik pendukung pemerintah, kecuali partai oposisi yakni PKS dan Demokrat. Maka itu, menurut Melki, Jokowi memiliki pengaruh di setiap partai politik yang tergabung dalam pemerintahan saat ini.

“Karena di bawah, Pak Jokowi masih aktif. Tidak seperti Pak SBY dulu, kartu beliau untuk memutarkan relasi 2014 itu ya Demokrat. Kalau Pak Jokowi memegang semua partai, minimum Demokrat dan PKS karena di luar pemerintah,” ucapnya.

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies

3. Indo Riset rilis survei popularitas 10 nama kandidat capres

Golkar Ungkap 3 Kandidat Capres yang Disenangi Jokowi, Anies Termasuk?Ketua DPR RI Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Dalam hasil survei Indo Riset, beberapa tokoh diketahui memiliki popularitas tinggi. Di posisi pertama ada Prabowo Subianto dengan tingkat popularitas 97,5 persen, Anies baswedan 86,8 persen, Sandiaga Uno 81,3 persen, Ridwan Kamil 78,5 persen, Ganjar Pranowo 73,3 persen, Puan Maharani 70,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 65,6 persen.

Kemudian, Cak Imin masih di bawah Erick Thohir dengan popularitas 54,6 persen, Khofifah Indar Parawansa 54,6 persen. Popularitas Cak Imin sendiri 42,4 persen.

Survei tersebut dilakukan pada 18-23 Agustus 2022 dengan 1.120 responden berusia 17 tahun lebih. Responden dipilih secara acak dengan proses wawancara tatap muka. Margin of error survei ini 2,94 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya