Kelakar Politikus NasDem: BMKG 'Kalah' dari Rara Pawang Hujan

Rara tak berhasil menangkal hujan saat helatan MotoGP

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Tamanuri berkelakar bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) kalah dengan Rara Istiani, si pawang hujan dalam pergelaran MotoGP Mandalika.

Tamanuri menilai aksi Rara yang menahan hujan saat perhelatan MotoGP di Mandalika sangat luar biasa. Menurutnya, Rara mampu 'mengalahkan' Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang berstatus sebagai profesor.

“Dari apa yang disampaikan ini, saya kebayang ke Mandalika yang kemarin itu ada perempuan menahan hujan luar biasa. Ini saya pikir 'mengalahkan' profesor saya Kepala BMKG,” kata Tamanuri dalam raker Komisi V DPR bersama BMKG dan Basarnas, Senin (21/3/2022).

1. Aksi pawang hujan tak berhasil

Kelakar Politikus NasDem: BMKG 'Kalah' dari Rara Pawang HujanPawang hujan Rara Isti Wulandari (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Kendati terpukau dengan aksi Rara, Tamanuri mengakui bahwa upaya menangkal hujan itu tidak berhasil dilakukan. Pasalnya, hujan tetap mengguyur sirkuit Mandalika saat kompetisi akan dimulai.

Dengan nada guyon, Tamanuri mengatakan jika aksi pawang hujan tersebut berhasil, kemungkinan BMKG tidak lagi dibutuhkan.

“Tapi rupanya di sana masih hujan. Kalau dia berhasil itu ya terpaksa, Ibu (Dwikorita) hilang. Kami harus menggunakan Rara. Kalau ada puting beliung kita panggil saja dia supaya nggak sampai,” kata Tamanuri.

Baca Juga: Usai Jadi Pawang Hujan di Mandalika, Rara Mengaku Sedang Sakit

2. Rara si pawang hujan akui kolaborasi dengan BMKG

Kelakar Politikus NasDem: BMKG 'Kalah' dari Rara Pawang HujanIlustrasi prediksi cuaca BMKG (IDN Times/bmkg.go.id)

Pawang hujan yang tengah viral, Rara Istiati, mengaku bekerja sama dengan BMKG saat melakukan ritual memodifikasi cuaca di Sirkuit Pertamina Mandalika, pada Minggu (20/3/2022) kemarin. Meski demikian, BMKG sendiri mengaku tidak bekerja sama secara resmi dengan Rara.

Kendati aksinya viral di media sosial, Rara tak berhasil menangkal hujan saat pertandingan MotoGP. Hujan intensitas sedang tetap mengguyur sirkuit Mandalika saat pertandingan.

Saat dihubungi IDN Times, Rara mengaku sakit usai menjadi pawang hujan untuk perhelatan MotoGP di Mandalika. Dia meminta wawancara secara tertulis melalui aplikasi pesan singkat.

"Di WA (WhatsApp) saja ya, saya masih sakit," ujar Rara, yang suaranya terdengar serak dan lemas saat dihubungi IDN Times, Senin (21/3/2022).

3. BMKG jelaskan antisipasi perubahan iklim

Kelakar Politikus NasDem: BMKG 'Kalah' dari Rara Pawang HujanIDN Times/Margith Juita Damanik

Dalam rapat kerja bersama Komisi V itu, BMKG menjelaskan proyeksi cuaca beberapa tahun ke depan. BMKG juga menjelaskan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi bencana hidrometeorologi akibat perubahan iklim.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menjelaskan suhu udara di Indonesia saat ini mengalami kenaikan 1-1,5 derajat celcius akibat perubahan iklim. Peningkatan suhu udara itu semestinya terjadi pada 2030.

BMKG mengaku bakal terus menggiatkan langkah-langkah mitigasi, dan adaptasi akibat perubahan iklim yang berdampak pada peningkatan bencana.

Dwikorita juga meminta masyarakat untuk bijak menggunakan transportasi pribadi dan beralih ke kendaraan umum untuk membantu mengurangi gas buang CO2 dari hasil pembakaran fosil.

“Secara gotong royong menggalakkan penghijauan, menggunakan energi terbarukan dan transportasi publik," kata dia. 

Baca Juga: Tinjau Mandalika, Istri Menpora Takjub dengan Keindahan Mandalika

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya