Comscore Tracker

PAN Jawab Isu KIB Jadi Sekoci Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

KIB disebut koalisi ecek-ecek

Jakarta, IDN Times — Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto merespons kabar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang disebut-sebut menjadi ‘sekoci’ untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ke Pilpres 2024.

Isu itu sebelumnya keluar dari Politikus NasDem Zulfan Lindan yang menyebut KIB sebagai koalisi ecek-ecek yang disiapkan untuk Ganjar Pranowo.

“Enggak tau ya sejak kapan bang Zulpan jadi jubir KIB. Enggak tau saya, yang pasti KIB belum usung capres-cawapresnya,” kata Yandri di Kompleks Parlemen, Selasa (27/9/2022).

1. KIB belum usung capres-cawapres

PAN Jawab Isu KIB Jadi Sekoci Ganjar Pranowo di Pilpres 2024Beberapa elit partai politik turut hadir dalam KIB, di antaranya Menko Luhut Binsar Pandjaitan, dan Hatta Rajasa. (IDNTimes/Melani Putri)

Yandri menegaskan KIB belum mengusung siapa capres dan cawapres yang akan diusung dalam Pilpres 2024. Doa menyebut, yang pasti, pimpinan partai politik di KIB masuk dalam bursa capres versi KIB.

Nama yang dimaksud seperti Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, hingga Ketum PPP Suharso Monoarfa.

“Yang pasti, PAN sudah merekomendasikan banyak nama, ada bang Zulhas yang pertama kami rekomendasikan, pak Airlangga, ada pak Suharso yang sekarang masih menjabat sebagai Ketum PPP,” ucapnya.

2. PAN juga calonkan kepala daerah

PAN Jawab Isu KIB Jadi Sekoci Ganjar Pranowo di Pilpres 2024IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain tiga ketua umum tadi, PAN juga mencalonkan beberapa nama kepala daerah seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, hingga Kohififah Indar Parawansa.

“Kalau dari menteri ada Pak Erick Thohir. Jadi kalau PAN sudah merekomendasikan banyak nama dan ini akan kami godok terus termasuk direkomendasikan dengan pimpinan parpol lain,” tuturnya

3. Politikus NasDem Zulfan Lindan sebut KIB hanya sekoci Ganjar

PAN Jawab Isu KIB Jadi Sekoci Ganjar Pranowo di Pilpres 2024Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Politikus NasDem Zulfan Lindan sebelumnya menyebut KIB hanya menjadi sekoci Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pemilu 2024. Hal itu, kata Zulfan bakal terjadi jika PDIP tak mencalonkan Ganjar Pranowo.

“Kalau KIB jangan disamakan dengan koalisi ini (NasDem-Demokrat-PKS), KIB itu koalisi ecek-ecek. Artinya lahirnya KIB itu kan ada kepentingan tertentu yang kita dengar konon kabarnya itu adalah untuk menjadi sekoci Ganjar seandainya tidak dicalonkan PDIP,” tuturnya dalam diskusi Adu Perspektif bersama Total Politik dan detikcom.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya