Koalisi Semut Merah Bidik Anies dan Sri Mulyani Jadi Capres 2024

PKB sebut dapat pesan usung Cak Imin-Anies di Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times — Koalisi Semut Merah telah menyebut beberapa nama yang kemungkinan bakal diusung sebagai capres-cawapres untuk Pemilu 2024.

Beberapa nama baru yang disebut oleh koalisi bentukan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Selain dua nama itu, nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar juga masuk dalam bursa capres Koalisi Semut Merah. Kendati demikian, hingga saat ini koalisi belum memutuskan siapa yang bakal diusung sebagai pasangan capres-cawapres.

Baca Juga: Ngeri-Ngeri Sedap! PKS-PKB Deklarasi Koalisi Semut Merah di DPR

1. PKB sebut dapat pesan usung Cak Imin-Anies di Pilpres 2024

Koalisi Semut Merah Bidik Anies dan Sri Mulyani Jadi Capres 2024Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (IDN Times/Daruwaskita)

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, pihaknya mendapat pesan untuk mengusung pasangan calon Cak Imin-Anies di 2024. Pesan itu, kata Jazilul, didapat dari seorang kiai. Namun dia tak menyebut lebih rinci awal mula pesan tersebut.

“Kemarin saya mendapatkan pesan dari seorang kiai agar berpasangan Gus Muhaimin dengan Anies, insyaAllah menang. Tapi kan itu motivasi ya,” kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

Kendati telah mendapat pesan tersebut, Jazilul menyadari bahwa pasangan calon presiden-calon wakil presiden itu masih memiliki elektabilitas yang rendah. Pihaknya juga belum lolos presidential threshold 20 persen di parlemen.

"Fakta politiknya kita masih kurang. Kecuali Pak Anies membawa partai 10 persen misalkan. Nah itu bisa langsung. Kan Pak Anies juga belum jelas mau partai apa. Istilahnya bawa ‘tiket’ apa,” ujar Jazilul.

2. Cak Imin bidik Sri Mulyani untuk digandeng jadi cawapres

Koalisi Semut Merah Bidik Anies dan Sri Mulyani Jadi Capres 2024Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebelumnya menyatakan, ingin menggandeng Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai pasangannya menjadi calon wakil presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Cak Imin menyebut, ingin memiliki pasangan cawapres yang berpengalaman di bidang ekonomi.

"InsyaAllah nanti kita (saya) maju di Pemilu 2024, dapat pasangan yang baik, pasangan yang tepat. Salah satu yang saya lirik untuk menjadi cawapres saya adalah Ibu Sri Mulyani, Menteri Keuangan," kata Muhaimin dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (12/6/2022).

3. Koalisi Semut Merah berbasis nasionalis-Islam

Koalisi Semut Merah Bidik Anies dan Sri Mulyani Jadi Capres 2024Deklarasi Koalisi Semut Merah beranggotakan PKS dan PKB di DPR RI, Kamis (9/6/2022). (Dok/Istimewa)

Sementara itu, Jazilul menyebut, Koalisi Semut Merah terbuka dengan siapa pun yang ingin bergabung dengan koalisi. Dia tak menutup pintu untuk pihak-pihak atau tokoh di luar poros Islam.

“PKB itu basisnya nasionalis-Islam, PKS Islam-nasionalis. Gak ada bedanya,” ujar dia.

Jazilul juga menekankan, PKB selama ini mencari kawan politik yang bisa merealisasikan cita-cita yang sama. Sementara sejauh ini, PKS yang telah setuju dengan visi-misi PKB.

“Buat PKB selama ini politik itu cari teman. Kalau PKS mau berteman kenapa kita tolak,” tuturnya.

Baca Juga: PKB Buka-Bukaan di Balik Koalisi Semut Merah: Kecil Menggigit

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya