Koalisi Semut Merah Disebut Hanya Ingin Lolos Presidential Threshold

Pengamat sebut PKS dan PKB gak dekat-dekat banget

Jakarta, IDN Times — Koalisi Semut Merah, gabungan PKS dan PKB, dinilai kurang potensial maju di Pilpres karena tak lolos sistem ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) di parlemen. Pasalnya, gabungan dua partai ini baru mencapai 18 persen dari angka minimal 20 persen.

Pengamat politik, Hanta Yudha, menilai PKS dan PKB kurang memiliki kedekatan emosional, meskipun sama-sama menjadi partai dengan poros Islam. Keduanya juga disebut hanya berkoalisi karena faktor teknis yakni untuk menembus presidential threshold.

“Ketemunya PKB dan PKS itu lebih faktor teknis menurut saya, kalau kedekatan gak deket-dekat banget menurut saya dibanding yang lain,” kata Hanta saat ditemui wartawan di Jakarta Selatan, Kamis (9/6/2022).

1. Tantangan menembus presidential threshold 20 persen

Koalisi Semut Merah Disebut Hanya Ingin Lolos Presidential ThresholdKetua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Hanta menjelaskan, kemungkinan PKS dan PKB mengaku berkoalisi untuk mengundang partai politik lain dalam lingkup mereka. Hal ini pun diprediksi bakal sulit karena empat parpol lain yang belum berkoalisi seperti PDIP, Demokrat, NasDem, dan Gerindra, belum tentu ingin bergabung dengan poros Islam.

Padahal, PKS dan PKB memerlukan satu parpol lain untuk bergabung dengan koalisi agar menembus presidential threshold.

“Cukup gak 20 persennya? Gak nyampe ya? Kurang. Nah itu harus nambah satu partai lagi, pertanyaannya partai ketiga ini mau gak,” ujar Hanta.

Baca Juga: PKB soal Usung Cak Imin di Koalisi Semut Merah: Kami Tidak Ngotot

2. Kans Nasdem bergabung Koalisi Semut Merah

Koalisi Semut Merah Disebut Hanya Ingin Lolos Presidential ThresholdKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Hanta juga menyebut kecil kemungkinan Partai NasDem bergabung dengan Koalisi Semut Merah. Pasalnya, Koalisi Semut Merah kemungkinan bakal mengusung Ketum PKB Muhaimin Iskandar untuk maju dalam Pilpres 2024.

Sementara, PKS mensinyalkan bakal mengusung Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri dalam Pilpres 2024.

“Mau gak NasDem kalau Cak Imin yang diusung sama Salim? Nah kan belum tentu,” tuturnya.

3. Koalisi Semut Merah ingin tiga poros dalam Pilpres 2024

Koalisi Semut Merah Disebut Hanya Ingin Lolos Presidential ThresholdKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PKS, Habib Aboe Bakar, menyebut Koalisi Semut Merah terbentuk untuk memecah kebuntuan poros-poros dalam Pilpres 2024.

Habib menyebut, Koalisi Semut Merah ini bakal menjadi poros ketiga yang muncul di Pilpres 2024. Dia juga optimis kemunculan poros ini bakal menarik minat tokoh-tokoh yang ingin maju dalam Pilpres 2024.

“Kami berharap pertemuan PKB-PKS ini akan memecah kebuntuan hanya ada dua kontestan. KIB sudah ada, satu lagi (koalisi) sudah ada tapi kita gak tahu siapa,” ucapnya.

“Semua capres-capres nanti akan ketarik. Jangan kaget kalau sampai nanti terjadi,” sambung Habib.

Baca Juga: PAN Ajak PKS Gabung KIB, Golkar: Terbuka Menerima Partai Lain

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya