Lucas Prakoso Janji Benahi Wilayah Abu-Abu Hakim MA 

Lucas Prakoso ikuti fit and proper test

Jakarta, IDN Times - Calon Hakim Agung, Lucas Prakoso, berjanji akan membenahi 'wilayah abu-abu' hakim di Mahkamah Agung (MA), jika terpilih menjadi hakim agung.

Lucas adalah salah satu kandidat hakim agung yang mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan di Komisi III DPR RI, Senin (27/3/2023).

Lucas sebelumnya ditanyai mengenai pandangannya terkait sejumlah kasus hakim agung yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia menjawab bahwa hakim agung adalah wilayah abu-abu.

Baca Juga: Daftar Calon Hakim Agung yang Akan Ikut Uji Kelayakan di DPR

1. Janji benahi wilayah abu-abu hakim agung

Lucas Prakoso Janji Benahi Wilayah Abu-Abu Hakim MA Ilustrasi gedung Mahkamah Agung di Jakarta Pusat (www.mahkamahagung.go.id)

Lucas menjelaskan ia mendapat pertanyaan yang sama dari penguji calon hakim agung, Bagir Manan, saat menjalani uji publik di Komisi Yudisial (KY).

Dia mengaku siap membenahi wilayah abu-abu tersebut ketika hakim agung kerap kali tersandung kasus korupsi.

“Saat uji publik di KY, saya diingatkan akan menjalani wilayah abu-abu, apakah saya siap? Saya katakan saya siap. Saya berani melaksanakan meski pun saat ini memasuki wilayah abu-abu,” ujarnya.

Baca Juga: Daftar Calon Hakim Agung yang Akan Ikut Uji Kelayakan di DPR

2. Johan Budi pertanyakan definisi wilayah abu-abu

Lucas Prakoso Janji Benahi Wilayah Abu-Abu Hakim MA Gedung Mahkamah Agung (MA) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Jawaban Lucas itu membuat anggota Komisi III Johan Budi dari fraksi PDIP menginterupsi. Johan menilai hakim agung harus jelas berada di antara hitam atau putih, bukan abu-abu.

“Interupsi pimpinan, apa itu wilayah abu-abu? Kenapa hakim agung memasuki wilayah abu-abu? Tolong jelaskan klir,” ujarnya.

Lucas kemudian menjelaskan pernyataan wilayah abu-abu tersebut merupakan pesan dari Bagir Manan di KY. Bagir Manan, kata dia, telah berpesan kepada dirinya untuk membenahi wilayah abu-abu yang ada di ranah hakim agung.

“Prof Bagir di KY yang mengatakan, saat menjadi hakim agung memasuki wilayah abu-abu, banyak yang kena OTT. Beliau berpesan berarti anda harus ikut perbaiki ini, siapkan diri Anda, dan saya siap,” tuturnya.

Baca Juga: Harta Calon Hakim Agung Triyono Martanto Naik Rp31,3 M dalam Setahun

3. Daftar calon hakim agung ikut fit and proper test

Lucas Prakoso Janji Benahi Wilayah Abu-Abu Hakim MA Suasana Kompleks Parlemen Senayan di Jakarta, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar.

Komisi III DPR RI tengah menggelar fit and proper tes selama dua hari sejak 27-28 Maret 2023.

Menurut informasi yang diterima IDN Times, ada 9 calon yang akan mengikuti fit and proper test pada dua hari ke depan. Berikut daftarnya: 

- Calon Hakim Agung Kamar Perdata Lucas Prakoso

- Calon Hakim Ad Hoc HAM Harnoto

- Calon Hakim Ad Hoc HAM Fathan Riyadhi

- Calon Hakim Agung Kamar Pidana Sukri Sulumin

- Calon Hakim Ad Hoc HAM Happy Wajongkere

- Calon Hakim Agung Kamar TUN Lulik Tri Cahyaningrum

- Calon Hakim Agung Kamar Pidana Annas Mustaqim

- Calon Hakim Agung Kamar Agama Imron Rosyadi

- Calon Hakim Agung Kamar TUN Khusus Pajak Triyono Martanto.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya