Comscore Tracker

PAN Bocorkan Nama Capres yang Mungkin Bakal Diusung KIB

Golkar dan PAN usung ketum masing-masing untuk Capres 2024

Jakarta, IDN Times — Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio, menyebut beberapa nama dalam bursa capres 2024 yang kemungkinan bakal dibahas dalam pertemuan kedua Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada 5 Juni mendatang.

Eko mengatakan beberapa nama mungkin bakal masuk dalam pembahasan mengenai pengusungan calon presiden dan calon wakil presiden. Dia mengaku memberikan kesempatan untuk semua pihak berkontribusi bersama KIB.

“Kami memberikan kesempatan kepada semuanya untuk berkontribusi. Tidak menutup kemungkinan di situ nanti ada Erick Thohir, ada Pak Anies Baswedan, ada Sandiaga Uno, ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Semuanya serba mungkin,” kata Eko saat ditemui di Kantor Komando PAN di Cipinang Indah, Jakarta Timur, Senin (30/5/2022).

1. Golkar dan PAN usung ketum masing-masing untuk Capres 2024

PAN Bocorkan Nama Capres yang Mungkin Bakal Diusung KIBKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Eko mengatakan bahwa KIB sejauh ini masih mencari kesamaan tujuan dan visi terkait dengan Capres 2024.

Sejauh ini, Partai Golkar mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk maju dalam Pilpres 2024 sesuai keputusan Rakernas. Sementara PAN solid dan kompak mengusung Ketum Zulkifli Hasan.

Kendati ada perbedaan pendapat, Eko menjelaskan pihaknya akan mencari jalan tengah.

“Ini yang kita sudah tegaskan jadi nanti tinggal DPP kita masing-masing kalau untuk capres,” ujar Eko.

Baca Juga: Ketum PAN Curhat ke Firli soal Ambang Batas Capres, Minta Dibantu KPK

2. Terbuka dengan calon lain

PAN Bocorkan Nama Capres yang Mungkin Bakal Diusung KIBKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Anggota Komisi VI DPR RI ini juga menegaskan, pihaknya terbuka dengan calon lain untuk diusung maju sebagai Capres-Cawapres 2024 jika memiliki kesamaan visi-misi.

Dia juga menyebut terbuka dengan tokoh nonparpol jika ingin maju diusung oleh KIB.

“Tapi juga tidak tertutup kemungkinan kami juga menampung (calon lain) yang tadi saya sebutkan tadi gitu ya, dari luar kalau misalnya itu memberikan sesuatu yang terbaik untuk bangsa ini kenapa enggak,” tuturnya.

3. Pilpres bakal dibahas di pertemuan KIB 5 Juni

PAN Bocorkan Nama Capres yang Mungkin Bakal Diusung KIBKetua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Ketua DPD Partai Golkar DKI Ahmad Zaki, dan Ketua DPW PPP DKI Farhan Hasan saat pertemuan pertama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tingkat provinsi DKI Jakarta di Kantor Komando PAN, Cipinang, Jatinegara, Senin, (30/5/2022). (IDN Times/ Melani Putri)

Eko mengaku bakal membahas kesamaan untuk mengusung paslon untuk Pilpres 2024 dalam pertemuan  dalam pertemuan kedua KIB.

Pertemuan kedua KIB bakal diadakan pada Minggu, 5 Juni 2022 di kawasan Jakarta Selatan. Dalam pertemuan ini, akan hadir tokoh dari ketiga partai politik yakni Golkar, PAN, dan PPP.

Selain mencari kesamaan visi misi dan tujuan, koalisi ini juga akan membahas Pilkada 2024. KIB juga disebut sedang mematangkan rencana untuk maju dalam Pilgub DKI mendatang.

“Jadi isu-isu segala macam berkaitan Pilpres-Pilkada atau apa mungkin nanti diterjemahkan di sana,” ujar dia.

Baca Juga: Bang Zul Nilai Raffi Ahmad Pantas Dicalonkan PKS di Pilpres 2024

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya