PDIP Sentil Manuver Politik Ganjar: 8 Tahun Jadi Gubernur Ngapain Aja?

Ganjar diminta bereskan konflik lahan Wadas

Jakarta, IDN Times — Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan, menyindir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dinilai bermanuver kencang menunjukkan sinyal ingin maju ke Pilpres 2024.

Trimedya mempertanyakan kinerja Ganjar selama delapan tahun dirinya menjabat sebagai gubernur.

“Ganjar apa kinerjanya 8 tahun jadi gubernur selain main di medsos apa kinerjanya?” ujar Trimedya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: Sentilan Mega ke Ganjar soal Banjir Rob Kini Jadi Kenyataan

1. Perbedaan Ganjar dan Puan

PDIP Sentil Manuver Politik Ganjar: 8 Tahun Jadi Gubernur Ngapain Aja?ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Trimedya kemudian menyandingkan Ketua DPR Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Puan dinilai berhasil mengorganisikan anggota Fraksi PDIP di DPR saat era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Puan juga disebut berhasil menjadi Menko PMK dan mengkoordinasikan 7 kementerian di bawahnya dengan baik. “Ketika menjadi ketua DPR, bisa memimpin di tengah kader-kader terbaik parpol di level pimpinan,” tuturnya.

Baca Juga: Deklarasi Dukung Ganjar, Emak-emak di Sumut Minta Sembako Dimurahkan

2. Ganjar diminta selesaikan masalah Wadas

PDIP Sentil Manuver Politik Ganjar: 8 Tahun Jadi Gubernur Ngapain Aja?Warga yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (GEMPADEWA) melakukan aksi damai di depan kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (6/1/2022) (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Ganjar juga diminta untuk menyelesaikan konflik lahan Wadas. Trimedya juga menyinggung masalah banjir Rob yang sempat terjadi di Semarang, Jawa Tengah. Menurutnya, Ganjar seharusnya lebih fokus menyelesaikan konflik Wadas dan banjir rob Semarang, bukannya bermanuver dalam politik.

“Tolong gambarkan track tecord Ganjar di DPR kemudian sebagai gubernur selesaikan Wadas itu. Selesaikan Rob itu, berapa jalan yang terbangun kemudian sekarang diramaikan kemiskinan di Jateng malah naik, tolong masyarakat juga apple to apple memperbandingkan,” tegas Trimedya.

Baca Juga: 5 Potret Ganjar Dampingi Jokowi Saat Blusukan Migor di Pasar Muntilan

3. Ganjar disebut congkak dan sombong

PDIP Sentil Manuver Politik Ganjar: 8 Tahun Jadi Gubernur Ngapain Aja?IDN Times/Dhana Kencana

Bagi Trimedya langkah Ganjar yang bermanuver untuk nyapres di 2024 sudah kelewat batas. Bahkan, dalam istilah orang jawa bisa disebut kemlinthi. Sebagai informasi, kemlinthi bisa diartikan sebagai sifat congkak atau sombong dalam Bahasa Indonesia.

“Kalau kata orang Jawa Kemlinthi ya, sudah kemlinthi dia, harusnya sabar dulu dia jalankan tugasnya sebagai gubernur Jateng dia berinteraksi dengan kawan-kawan stuktur di sana DPD DPC DPRD provinsi DPRD kab kota, itu baru,” kata Trimedya.

Lebih lanjut, Trimedya melihat langkah Ganjar terlalu ketara menampilkan syahwat politik, tampak dari safarinya ke berbagai wilayah di Indonesia belakangan ini. Diketahui, Ganjar aktif keliling Indonesia mulai dari Sumut hingga Makassar Sulsel.

“Ini kan kelihatan main semua, ke mana mana semua jalan ke Medan ke Makassar, ya kita ketawa-ketawa saja pada saat PON Papua ada yang teriak Ganjar... ganjar...  siapa orang Papua yang tahu Ganjar, kelihatan bener by design (sudah diatur) apalagi orang yang mengerti politik,” ungkap legislator dapil Sumut II ini.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya