Comscore Tracker

Pengamat: Parpol Diisi Baby Boomers Tak Mikir Seperti Milenial-Gen Z

Burhanuddin jadi pembicara di IMGS 2022 by IDN Times

Jakarta, IDN Times — Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, ada gap besar antara isu yang menjadi sorotan partai politik dan generasi muda dari kalangan millenial dan Gen Z.

Burhanuddin menilai, perbedaan concern itu cenderung bakal membuat anak muda tidak ingin berkecimpung dalam dunia politik.

“Jadi ada isu yang diperjuangkan anak muda itu tidak diperjuangkan di parpol. Karena mereka diisi generasi tua, jadi akibatnya ada diskoneksi tadi,” kata Burhanuddin dalam Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2022 by IDN Times, Jumat (30/9/2022).

“Mereka punya IG akun twitter, tapi hanya punya akun, isinya seremoni gunting pita. Sesuatu yang tidak interaktif sehingga anak muda tidak berpartisipasi dalam politik,” sambung Burhanuddin.

Dia menjelaskan, rata-rata anak muda lebih concern kepada isu pemberantasan korupsi dan lingkungan hidup, ketimbang ekonomi. Sementara parpol cenderung memberikan janji kesejahteraan ekonomi.

“Kalau ditanyakan warga biasa itu pasti nyorot isu ekonomi, tapi kalau Gen Z itu pemberantasan korupsi, kedua lingkungan hidup, dan perubahan iklim,” kata Burhanuddin.

Padahal, lanjut Burhanuddin, jumlah generasi muda Indonesia saat ini hampir 53 persen dari total penduduk Indonesia. Dia menyebut, jika saat ini anak muda cenderung enggan berpartisipasi pada politik, maka ada kecenderungan anak muda tersebut enggan terjun ke dunia politik.

“Ini jumlah besar, cuma awareness yang tinggi tadi di kalangan muda itu tidak diaktualisasikan dalam politik,” ucapnya.

Hari ini Burhanuddin menjadi pembicaraan dalam acara IMGS di depan ratusan audiens. Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Najwa Shihab Sebut Media Sosial Pengaruhi Demokrasi, Kok Bisa?

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya