Comscore Tracker

ProJo Bakal Gelar Musra di Bandung, Usul Nama Capres ke Jokowi

ProJo akui grogi main di Jateng

Jakarta, IDN Times - Relawan Pro Jokowi (ProJo) dikabarkan bakal menggelar musyawarah rakyat (Musra) di Jawa Barat pada akhir Agustus mendatang. Hasil Musra ProJo itu disebut bakal memunculkan beberapa nama kandidat capres dan diserahkan langsung pada Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Sekjen ProJo Handoko mengatakan sebanyak 17 organ relawan akan bergabung dalam Musra nanti. Dia juga menyampaikan Musra ProJo akan digelar di Bandung, Jawa Barat.

“Persiapannya saya sampaikan hari ini sudah ada 17 organ relawan bergabung di situ dan kami akan melakukan Musra pertama di Bandung 27 Agustus,” kata Handoko saat ditemui wartawan, akhir pekan lalu.

Baca Juga: [WANSUS] Nasib Projo Selepas Jokowi Jadi Presiden

1. Bakal serahkan nama kandidat capres ke Jokowi

ProJo Bakal Gelar Musra di Bandung, Usul Nama Capres ke JokowiDok.Istimewa

Handoko mengatakan pihaknya bakal mendiskusikan sejumlah tokoh untuk diusulkan sebagai bakal capres di 2024. Namun nama-nama itu tidak akan diumumkan oleh ProJo ke publik, hanya disampaikan kepada Jokowi.

“Nanti hasil usulan akan kami serahkan pada Pak Jokowi. Jadi biar jadi milik Pak Jokowi,” ucapnya.

Dia mengaku enggan mengumumkan nama bakal capres yang diusulkan karena khawatir pihaknya dinilai endorse tokoh.

“Kami tidak mau diatur sebagai endorser dari satu orang, mau Ganjar, Anies, atau siapa pun,” ujar Handoko.

Baca Juga: PDIP Daftar Pemilu 2024 Jalan Kaki ke KPU, Minta Maaf Jalanan Macet

2. ProJo akui grogi main di Jateng

ProJo Bakal Gelar Musra di Bandung, Usul Nama Capres ke JokowiPresiden Joko "Jokowi" Widodo ketika menghadiri rakernas ke-5 relawan Pro Jokowi di Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu, 21 Mei 2022. (www.instagram.com/@dr_moeldoko)

Musra ProJo yang akan digelar di Bandung, Jawa Barat, juga bukan tanpa alasan. Handoko mengaku pihaknya agak grogi mengadakan kegiatan di daerah yang dipimpin oleh Ganjar Pranowo itu.

Sebelumnya Rakernas ke-V Relawan ProJo di Magelang, Jawa Timur, pada Mei lalu memang sempat mengundang sorot perhatian. Sebabnya, rakernas tersebut dihadiri langsung oleh Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Kehadiran dua tokoh itu dinilai beberapa pihak sebagai dukungan Jokowi terhadap Ganjar untuk maju ke Pilpres 2024.

“Saya agak grogi juga kalau mau main di Jawa Tengah lagi, kita di Bandung lah,” ujarnya.

3. Tak hanya bicara capres-cawapres

ProJo Bakal Gelar Musra di Bandung, Usul Nama Capres ke JokowiPresiden Joko "Jokowi" Widodo ketika membuka rapat kerja nasional relawan Pro Jokowi di Magelang, Sabtu, 21 Mei 2022. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

Handoko juga menjelaskan dalam Musra mendatang, pihaknya tak hanya mendiskusikan soal nama-nama capres yang akan diusulkan ke Jokowi.

Dia menegaskan pihaknya juga akan menggali harapan rakyat, termasuk program-program dan kebijakan yang dibutuhkan oleh rakyat Indonesia saat ini.

“Dalam konteks ojo kesusu, ini kan enggan cuman soal nama capres yang mau kita gali, di antara itu ada harapan rakyat, program-program, dan semua hasil musra itu akan menjadi masukan bagi Presiden,” tuturnya.

Baca Juga: Cegah Polarisasi, Dukungan Prabowo-Jokowi Digaungkan saat CFD DKI

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya