Ratusan Guru Geruduk DPR Minta Angkat Jadi ASN PPPK

Pemerintah dituntut lakukan rekruitmen ASN PPPK

Jakarta, IDN Times — Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) mengadakan aksi di depan Gedung DPR RI, Senin (20/3/2023).

Ratusan guru tersebut sudah mendatangi DPR RI sejak pukul 11.00 WIB. Pantauan IDN Times di lokasi, ratusan guru menggunakan atribut seragam PGSI dengan nuansa merah itu masih menunggu hasil audiensi antara pimpinan PGSI dengan Komisi X DPR RI.

Aksi hari ini dilakukan dalam rangka menuntut pemerintah melakukan rekruitmen Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) guru secara adil. PGSI menilai, masih ada diskriminasi dalam rekruitmen PPPK Guru terhadap guru di sekolah swasta dan madrasah.

“Kami Pengurus Besar PGSI yang merupakan wadah organisasi profesi guru-guru sekolah dan madrasah swasta di seluruh Indonesia dalam rangka menyikapi kebijakan pemerintah terkait PPPK-ASN dan Inpassing yang masih memperlihatkan diskriminasi terhadap guru-guru swasta,” kata Ketua Umum, PB PGSI, Mohammad Fatah, Senin (20/3/2023).

“Maka dengan ini PB PGSI akan menyampaikan aspirasi secara langsung dan terbuka kepada Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR RI) dengan nama kegiatan Silaturahmi Akbar Nasional,” sambungnya.

Sebagai informasi, proses rekruitmen PPPK Guru tahap 3 tahun 2022 telah rampung dilaksanakan. Dalam program ketiga milik Mendikbudristek Nadiem Makarim itu, sebanyak 3.043 formasi guru prioritas pertama (P1) dibatalkan.

Peserta yang batal mendapat formasi diimbau untuk kembali mengikuti seleksi PPPK Guru ke empat. Namun hingga saat ini, Kemendikbudristek maupun BKN belum menetapkan tanggal rekruitmen ASN PPPK Guru ke empat.

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Seleksi ASN PPPK Hari Ini

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya