Selain AHY-Anies, Demokrat Anggap 2 Tokoh PKS Ini Figur Perubahan

Anies kemungkinan diusung kader Demokrat di daerah

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat bakal mengusung figur perubahan untuk Pilpres 2024. Beberapa nama dianggap sebagai figur perubahan, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan dalam Rapat Pimpinan Pusat (Rapimnas) besok, beberapa figur perubahan bakal diusulkan kader di tingkat DPC dan DPD.

Baca Juga: Persiapan Pemilu 2024, Demokrat Gelar Rapimnas 15-16 September 2022

1. Anies jadi figur perubahan bersama AHY

Selain AHY-Anies, Demokrat Anggap 2 Tokoh PKS Ini Figur PerubahanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Herzaky menyebut Demokrat menginginkan tokoh baru yang memimpin Indonesia pada 2024. Tokoh tersebut harus bisa mewakili perjuangan Demokrat yang berpihak pada rakyat.

“Siapa nih capres-cawapres yang istilahnya bisa mewakili perjuangan perubahan dan perbaikan,” kata dia di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Herzaky menyebut beberapa tokoh selain Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dinilai sebagai pembawa perubahan di antaranya Anies Baswedan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri.

“Sosok perubahan yang juga antitesis dari pemerintahan kan Mas AHY, mas Anies, ada Pak Syaikhu, kan ada juga Salim Segaf, itu kan tokoh perubahan di luar dari pemerintah,” kata dia.

2. Anies kemungkinan diusung kader Demokrat di daerah

Selain AHY-Anies, Demokrat Anggap 2 Tokoh PKS Ini Figur PerubahanKetua Umur Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) Demokrat Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui virtual, Sabtu (28/5/2022). Dahrul Amri/IDN Times

Herzaky juga tak membantah kemungkinan kader Demokrat di daerah bakal mengusulkan Anies untuk diusung pada 2024. Kendati, dia menekankan belum ada keputusan resmi apakah Demokrat bakal ikut mengusung Anies pada 2024.

“Karena disebut figur perubahan, mungkin nama Anies akan dibahas di Rapimnas. Tapi ini kami belum tahu kan tergantung besok. Bisa saja dibahas tergantung dari kader-kader daerah,” tuturnya.

Baca Juga: AHY Bakal Bahas Koalisi dan Pilihan Capres di Rapimnas Demokrat Besok 

3. Dukungan ke Anies ditentukan Majelis Tinggi Demokrat

Selain AHY-Anies, Demokrat Anggap 2 Tokoh PKS Ini Figur PerubahanKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di acara HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Herzaky menjelaskan hasil Rapimnas Demokrat bakal dibahas kembali Majelis Tinggi Partai (MTP) yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Apa kita mendukung Anies? Belum. Karena mekanismenya ditentukan oleh MTP, dan belum ada rapat pembahasan mengenai ini,” ucapnya.

Diketahui, AHY bakal bertemu 3 ribu lebih kader Demokrat di daerah untuk membahas koalisi sekaligus tokoh yang akan diusung Demokrat. Pertemuan pimpinan nasional ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), 15-16 September 2022.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya