Selamat Ulang Tahun ke-61 Presiden Jokowi! Ini Profil Singkatnya

Jokowi akan buka rakernas PDIP di hari ulang tahun

Jakarta, IDN Times — Presiden Joko “Jokowi” Widodo berulang tahun hari ini, Selasa (21/6/2022). Jokowi kini genap berusia 61 tahun.

Selama menjabat sebagai Presiden RI, Jokowi diketahui belum pernah merayakan ulang tahunnya. Dia lebih dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan tak terbiasa merayakan ulang tahunnya.

Pada ulang tahun Jokowi ke-60 setahun yang lalu, dia mengaku tak terbiasa merayakan ulang tahunnya sendiri. Jokowi lebih memilih tetap bekerja karena pandemik COVID-19 kala itu sedang meningkat.

1. Jokowi akan ke rakernas PDIP di hari ulang tahun

Selamat Ulang Tahun ke-61 Presiden Jokowi! Ini Profil SingkatnyaPresiden Joko "Jokowi" Widodo ketika bersilaturahmi dengan ke kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri usai Idulfitri 2022. (www.instagram.com/@puanmaharani)

Jokowi dikabarkan bakal membuka acara rakernas PDIP di hari ulang tahunnya. Kabar itu berasal dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

Hasto menyebut Jokowi akan secara langsung membuka rakernas PDIP bersama Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Acara Rakernas ini akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, ibu Megawati Soekarnoputri. Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberi sambutan di Rakernas,” kata Hasto dalam keterangan tertulis, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Alasan Jokowi Enggan Reshuffle Menteri yang Sibuk Tebar Pesona

2. Karir bisnis Jokowi

Selamat Ulang Tahun ke-61 Presiden Jokowi! Ini Profil SingkatnyaInfografis Jokowi. IDN Times.

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Dia menuntaskan pendidikan di Fakultas Kehutanan UGM.

Dia semula bekerja di perusahaan BUMN di Provinsi Aceh. Tak berlangsung lama dia kembali ke Solo dan membantu pekerjaan di pabrik pamannya di bidang mebel. Setelahnya, Jokowi memutuskan untuk memulai usaha mebel sendiri.

Kesuksesannya di bidang mebel mengantarkan Jokowi terlibat dengan organisasi pengusaha Mebel Indonesia (Asmindo).

Baca Juga: Jokowi Bakal Temui Putin di Moskow 30 Juni, Bahas Isu Ukraina?

3. Dari pebisnis jadi politikus

Selamat Ulang Tahun ke-61 Presiden Jokowi! Ini Profil SingkatnyaPresiden Jokowi mengenakan jaket produk lokal (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Dari Asmindo itu lah, karir politik Jokowi bermula. Usai dua tahun menjabat sebagai Ketum Asmindo, muncul usulan untuk mencalonkan Jokowi maju dalam Pilkada Solo 2005.

Dalam kontestasi politik itu, Jokowi yang juga kader PDIP maju bersama F.X Hadi Rudyatmo dan terpilih menjadi walikota Solo 2005-2010.

Setelah menjabat satu periode, Jokowi kembali terpilih dalam Pilkada 2010-2015.Di tengah gemilang karir politiknya, Jokowi masuk dalam bursa Pilkada DKI pada 2012.

Jokowi diusung mendampingi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) oleh PDIP dan Gerindra. Dia berhasil menduduki kursi orang nomor 1 di Ibu Kota tersebut.

Baru dua tahun menjabat, Jokowi kemudian diusung dalam bursa Capres 2014. Dia dipasangkan dengan tokoh senior Golkar, Jusuf Kalla dan menang melawan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Pada Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih sebagai presiden. Dia didampingi oleh Ma’ruf Amin.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya