Sidang Pengesahan Yudo Margono Dihadiri 21 Anggota DPR Secara Fisik

Puan menyebut anggota DPR mayoritas sedang kunjungan kerja

Jakarta, IDN Times — Sidang Paripurna DPR RI hanya dihadiri oleh 21 anggota secara fisik. Sidang Paripurna hari ini memiliki agenda tunggal yakni pengesahan KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Sidang dibuka oleh Ketua DPR RI Puan Maharani secara langsung. Dia mengatakan Paripurna kali ini tak banyak dihadiri anggota karena mayoritas anggota masih melakukan kunjungan kerja.

“Memang pada saat ini masih banyak rekan anggota DPR masih melakukan tugasnya kunker ke daerahnya masing-masing, sehingga tidak terlalu banyak anggota yang hadir namun kuorum telah tercapai,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Diketahui anggota hadir secara fisik 21 orang, hadir secara virtual 195 orang, dan anggota yang izin 340 orang.

Yudo Margono sebelumnya sudah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai calon Panglima TNI pada Jumat 2 Desember 2022.

Komisi I DPR RI juga telah menyetujui Yudo menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember.

Penunjukan Yudo sebagai Panglima merupakan usulan Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Momen ini merupakan pertama kalinya Jokowi menunjuk matra AL sebagai panglima selama menjabat. Selama delapan tahun pemerintah Jokowi, posisi Panglima hanya pernah diduduki oleh matra AD dan AU.

Baca Juga: DPR Sahkan Yudo Margono Jadi Panglima TNI 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya