Comscore Tracker

Yenny Wahid: Saya Masalah dengan Kepemimpinan PKB Saat Ini

“Ada kegelisahan di akar rumput NU."

Jakarta, IDN Times— Putri Gus Dur, Yenny Wahid, mengatakan dirinya cemas terhadap nasib Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang saat ini dipimpin Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Yenny menilai Cak Imin beberapa kali membuat pernyataan dengan nada melecehkan PBNU yang berdampak negarif ke akar rumput. Padahal PKB oleh dibangun oleh kiai-kiai Nahdliyin.

“Ada kegelisahan di akar rumput NU terutama yang memang selama ini memilihnya PKB sebagai saluran politik,” kata Yenny kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

1. Yenny prihatin terhadap PKB

Yenny Wahid: Saya Masalah dengan Kepemimpinan PKB Saat IniKetua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (IDN Times/Daruwaskita)

Yenny merasa prihatin terhadap PKB yang dipimpin Cak Imin. Dia menginginkan PKB benar-benar menjadi rumah bagi warga muslim moderat mencurahkan ide dan gagasan.

“Saya tetap menjadi bagian PKB walaupun bukan PKB Cak Imin, tapi PKB Gus Dur. Saya punya keprihatinan dan ingin partai itu dikelola dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya PKB saat ini hanya menggunakan warga muslim moderat untuk kepentingan politik sesaat.

“Saya mau bicara soal rumah politik bagi warga muslim moderat yang betul-betul bisa mencerminkan suara hati mereka. Tidak dipakai hanya untuk kepentingan politik sesaat, hanya dipakai untuk pragmatisme dan transaksionalitas dalam berpolitik,” kata Yenny.

Baca Juga: Kisruh PKB Cak Imin vs Yenny Wahid: Luka 14 Tahun yang Belum Sembuh

2. Yenny akui tak bermasalah dengan PKB

Yenny Wahid: Saya Masalah dengan Kepemimpinan PKB Saat IniKetua DPW PKB Jateng, KH Muhammad Yusuf Chudlori (kedua kanan) saat membuka Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) III PKB Jateng di Semarang, Kamis (3/2/2022). (Dok. DPW PKB Jateng)

Lebih lanjut, Yenny juga mengaku tidak memiliki masalah dengan PKB. Dia hanya bermasalah melihat kepemimpinan PKB oleh Muhaimin Iskandar.

“Saya tidak masalah dengan PKB, saya masalah dengan kepemimpinan PKB saat ini. Jadi kalau yang lain-lain saya tidak masalah,” tuturnya.

3. Perseteruan Yenny Wahid vs Cak Imin

Yenny Wahid: Saya Masalah dengan Kepemimpinan PKB Saat IniYenny Wahid (IDN Times/Marisa Safitri)

Perseteruan antara Yenny Wahid dan Cak Imin bermula dari pernyataan Yenny yang menyebut ada tokoh dengan elektabilitas rendah tapi ingin mencalonkan sebagai capres. Yenny juga menyinggung dirinya PKB Gus Dur bukan PKB Cak Imin.

Merespons itu, Cak Imin kemudian berkicau melalui akun Twitternya. Dia meminta Yenny fokus membangun partai sendiri. Cak Imin juga menyebut Yenny Wahid bukan bagian dari PKB di bawah kepemimpinan dirinya.

“Yeni itu bukan PKB, bikin partai sendiri aja gagal lolos,” kata Cak Imin dalam akun Twitternya, @cakimiNOW, Kamis (23/6/2022).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai kisruh PKB Cak Imin dan Yenny Wahid merupakan luka lama yang belum sembuh. Hal ini dibuktikan dengan aksi saling balas sindiran di media sosial.

“Ini luka lama yang enggak sembuh. Jadi yang diklaim sudah tuntas itu gak. Buktinya saling ngegas dua-duanya,” kata Adi saat bertemu IDN Times, di Jakarta, pekan lalu.

Menurutnya Cak Imin dan Yenny Wahid harus segera menyelesaikan perang terbuka ini untuk kebaikan umat Nahdliyin. Pasalnya perseteruan di kalangan elit partai berpotensi memunculkan perpecahan di kalangan akar rumput.

“Makanya ini kalau tidak segera diamputasi tentu akan sangat merugikan bagi Cak Imin dan PKB. Minimal ngopi bareng, ini kan mereka sepupuan,” tuturnya.

Baca Juga: Yenny Wahid Bongkar Perlakuan Cak Imin ke Gus Dur 2008 Silam: Moral!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya