Comscore Tracker

Jalan Rusak di Jember Lebih dari 1000 Km, Pemkab Mulai Cicil Perbaikan

Tim reaksi cepat mulai menambal jalan berlubang

Jember, IDN Times - Dinas PU Bina Marga Kabupaten Jember mencatat, total panjang jalan raya yang rusak kategori berat saat ini mencapai 1.013,80 kilometer. Kondisi tersebut terjadi karena Jember tidak memiliki Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) selama 2 tahun sejak 2019 pada periode kepemimpinan sebelumnya.

Saat ini, perbaikan mulai dikebut setelah Pemkab Jember memiliki Perda APBD pada awal April 2021. Perda tersebut juga sudah disahkan Gubernur Jatim pada Selasa (13/4/2021).

1. Anggarkan Rp700 miliar untuk perbaikan jalan

Jalan Rusak di Jember Lebih dari 1000 Km, Pemkab Mulai Cicil PerbaikanUnit reaksi cepat Kabupaten Jember mulai memperbaiki jalan berlubang. IDN Times/Istimewa

Bupati Jember, Hendy Siswanto berjanji akan segera memperbaiki jalan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari total Rp 4,4 APBD Jember, pihaknya menganggarkan perbaikan infrastruktur jalan, jembatan, penerangan jalan sebesar Rp700 miliar.

"Mengenai infrastruktur, kami telah menganggarkan tahun ini dari APBD 2021 yang telah disahkan beberapa hari lalu. Pertama untuk peningkatan jalan di Jember, itu program kerja prioritas utama kami,” ujar Hendy usai mengikuti rapat koordinasi yang digelar Kementerian Dalam Negeri, secara virtual, Rabu sore (14/4/2021).

Baca Juga: Gempa, 14 Rumah di Jember Dilaporkan Rusak

2. Mei segera tender proyek 

Jalan Rusak di Jember Lebih dari 1000 Km, Pemkab Mulai Cicil PerbaikanBupati Jember Hendy Siswanto. IDN Times/Istimewa

Hendy melanjutkan, proses tender perbaikan infrastruktur yang menelan Rp700 miliar tersebut, akan segera dilaksanakan pada Mei 2021.

"Kira-kira bulan Juni baru bisa direalisasikan pembangunan infrastruktur jalan," jelasnya.

Sambil menunggu, sejak sepekan terakhir pihaknya telah melakukan penambalan jalan berlubang di kawasan kota Kabupaten Jember oleh Unit reaksi Cepat (URC), Dinas PU Bina Marga. Penutupan lubang jalan kali ini dilakukan di kawasan 3 Kecamatan yakni Patrang, Sumbersari dan Kaliwates.

"Penutupan lubang jalan ini menggunakan anggaran Perkada, selanjutnya kita akan tender untuk pembangunan dan peningkatan jalan di Kabupaten Jember,” jelasnya.

Kondisi jalan rusak berat yang mencapai 1000 kilometer lebih, kata Hendy, telah memakan korban jiwa. "Catatan Satlantas dan Dinas Perhubungan Jember, sudah ada 20 orang meninggal dalam kecelakaan yang diakibatkan jalan berlubang," katanya.

3. Ada 789 ruas jalan rusak 

Jalan Rusak di Jember Lebih dari 1000 Km, Pemkab Mulai Cicil PerbaikanUnit reaksi cepat Kabupaten Jember mulai memperbaiki jalan berlubang. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas PU Bina Marga Jember, Rahman Anda, mengatakan penambalan jalan sudah dilakukan sejak Senin (12/4/2021).

"Lubang jalan yang kami perioritaskan untuk ditambal adalah lubang jalan yang memiliki kedalaman minimal 3 sentimeter lebih,” ujar Rahman.

Berdasarkan kajiannya, Rahman menyebut ada 1080,7 kilometer dan ada 789 ruas jalan rusak, yang saat ini akan diperbaiki.

“Rinciannya, jalan rusak berat kurang lebih 1.013,80 km, dan 66,9 km rusak ringan,” ujarnya.

Baca Juga: Harga Daging Ayam di Jember dan Lumajang Merangkak Naik 

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya