Positif COVID-19, Plt Direktur RSUD Genteng Banyuwangi Meninggal Dunia

Terpapar virus corona sejak awal Desember

Banyuwangi, IDN Times - Pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD Genteng Banyuwangi, dr Kurniyanto (52) meninggal dunia dengan kondisi terpapar COVID-19, Selasa (22/12/2020). Almarhum dikabarkan terkonfirmasi positif COVID-19 sejak awal Desember 2020 dan sempat menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Genteng.

"Kami berduka atas meninggalnya dr Kurniyanto. Sebelumnya beliau ada gejala batuk dan demam, dan langsung menjalani perawatan isolasi di RSUD Genteng awal Desember," ujar Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono dikonfirmasi IDN Times, Selasa (22/12/2020).

1. Kondisi terus memburuk, dirujuk ke RSSA Kota Malang

Positif COVID-19, Plt Direktur RSUD Genteng Banyuwangi Meninggal DuniaUcapan duka cita untuk dr Kurniyanto. Instagram.com/satgascovididijatim

Usai dirawat di ruang isolasi RSUD Genteng, kondisi dr. Kurniyanto terus memburuk. Dia kemudian dirujuk ke RSUD Saiful Anwar (RSSA), Kota Malang pada 15 Desember 2020.

"Karena kondisinya yang terus menurun, beliau dirujuk ke RSUD Saiful Anwar Malang untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Di sana beliau langsung masuk ke ruang ICU," imbuh Widji.

2. Mendapat terapi plasma konvalesen 

Positif COVID-19, Plt Direktur RSUD Genteng Banyuwangi Meninggal DuniaIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Selama dirawat di Malang, d  Kurnianto sudah mendapatkan banyak tindakan penanganan. Salah satunya terapi plasma konvalesen.

"Segala usaha sudah dilakukan, bahkan beliau juga sudah mendapatkan terapi plasma konvalesen. Semua sudah berupaya optimal untuk melakukan tindakan. Namun, Allah SWT berkehendak lain. Semoga amal kebaikan almarhum diterima oleh Allah SWT," katanya.

Baca Juga: Jadi Klaster COVID-19, Dua Kantor Pengadilan di Banyuwangi Ditutup

3. Dimakamkan di Tuban 

Positif COVID-19, Plt Direktur RSUD Genteng Banyuwangi Meninggal DuniaIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Jenazah dr Kurniyanto sudah dimakamkan di Tuban. "Langsung dimakamkan di Tuban, di tanah kelahirannya," ujarnya.

dr Kurnianto merupakan sosok yang turut berjuang mencegah penyebaran virus corona bersama Satgas COVID-19 di Banyuwangi. Selain menjadi Plt Direktur RSUD Genteng, dr Kurnianto juga menjabat sebagai Kepala bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Banyuwangi.

Widji, kemudian kembali berpesan kepada warga untuk tidak menyepelekan COVID-19. Apalagi Banyuwangi masuk dalam zona merah dengan tingkat risiko penularan tinggi.

"Angka penularan penyakit ini terus meningkat di Banyuwangi. Kami mohon kepada semua warga untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan. Sayangi diri kita, keluarga kita," pesan Widji.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Banyuwangi Melonjak, RS Mulai Penuh

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya