Risma Marah! 8000 Bansos di Jember Belum Tersalurkan

Bantuan harusnya dicairkan Maret lalu

Jember, IDN Times - Menteri Sosial, Tri Rismaharini meluapkan emosinya saat mengetahui ada 8000 bantuan sosial (Bansos) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masih mengendap di bank milik BUMN di Kabupaten Jember. Kemarahan Risma semakin memuncak saat mengetahui bantuan tersebut harusnya sudah disalurkan ke masyarakat sejak Maret 2021.

"Saya kasih peringatan itu tinggi sekali itu. Saya kemarin di Bandung 5000 itu saya pikir banyak sekali, lha ini 8000. Saya minta kasih peringatan ke cabang, saya gak mau itu," ujar Risma Rakor data Bansos di Jember, Sabtu (28/8/2021).

1. Harusnya Maret dicairkan

Risma Marah! 8000 Bansos di Jember Belum TersalurkanIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Rapat data Bansos tersebut diikuti sejumlah pejabat bank BUMN, Bupati Jember, Hendy Siswanto beserta Wabup M.B. Firjaun Barlaman dan Kapolres Jember.

Dalam kesempatan itu, Risma memperingatkan agar distribusi bantuan segera dituntaskan dalam waktu dua hari ke depan. Bila tidak, ia akan mencari pengganti untuk penyaluran dana Bansos.

"Ini sudah bulan apa, itu lho Maret. Kalau saya gak dateng, pasti gak ngapa-ngapain, ayo taruhan sudah. Kalau gak siap, mundur, saya carikan yang lain, saya inginnya anda bergerak," ujarnya.

Risma mengatakan, Kemensos sudah berupaya agar anggaran Bansos bisa segera tersalurkan sesuai jadwal pada Maret lalu. Ia pun menceritakan pengalamannya sebagai Walikota di Surabaya yang mengetahui seluk beluk perbankan di Jawa Timur.

"Satu hari uang masuk, itu harus masuk ke Bank Penerima, kalau Jatim di BPD mau itu. Sekarang Maret dan ini sudah bulan Agustus, ini namanya pembiaran," tambahnya.

Baca Juga: Kesal, Mensos Risma Bakal Bongkar Dugaan Mafia Bansos di Tuban

2. Risma marah besar

Risma Marah! 8000 Bansos di Jember Belum TersalurkanMenteri Sosial Tri Rismaharini saat berkunjung ke Jember. IDN Times/Istimewa

Pejabat bank BUMN itu tampak banyak terdiam dan menjawab pertanyaan dari Risma. Ia menjelaskan sejumlah alasan teknis seperti terkendala PPKM. Namun, penjelasan itu justru membuat Risma semakin marah.

"Kalau sampai tidak bisa dicairkan, anda harus tanggung jawab. Anda kan tidak tahu rasanya, ketika anak anda besoknya bingung mau makan apa. Kalau ingin menyelesaikan masalah, menghadap ke pak bupati, ada PPKM, segera selesai. Saya yakin Pak Bupati akan mau membantu," ujar Risma.

3. Dua hari ke depan harus cair

Risma Marah! 8000 Bansos di Jember Belum TersalurkanMenteri Sosial Tri Rismaharini saat berkunjung ke Jember. IDN Times/Istimewa

Bupati Jember, Hendy Siswanto yang berada di samping Risma, lebih banyak diam. Ia hanya menilai lambannya penyaluran Bansos, berdampak serius kepada masyarakat yang sudah mengharapkan. Apalagi, dalam beberapa pekan ke depan bila tidak segera disalurkan, secara regulasi bantuan tersebut akan hangus.

"Setiap hari hari saya baca media, tentang orang miskin yang tidak tersentuh bantuan, bingung makan, tidak ada yang peduli. Padahal pagu nya sudah ada, tapi dibiarkan oleh anda," kata Risma.

Risma pun memutuskan agar sejumlah pejabat teknis Kemensos tetap tinggal di Jember selama dua hari ke depan, untuk memantau penyaluran Bansos.

"Saya minta bantuan bisa segera disalurkan, terpusat di Pendopo hari Selasa," ujarnya.

Baca Juga: Mensos Risma: Rumah Penerima Bansos akan Dipantau Lewat Citra Satelit 

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya