Comscore Tracker

Viral Jenazah di Pinggir Jalan Jember, Kapolsek: Tidak Ditelantarkan

Sempat diturunkan karena roda tandu macet

Jember, IDN Times - Sebuah video berdurasi 16 detik yang menggambarkan jenazah COVID-19 ditaruh di jalan raya viral di media sosial. Dalam video yang tampak direkam oleh warga yang sedang melintas, disebut berada di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

1. Muspika klarifikasi

Viral Jenazah di Pinggir Jalan Jember, Kapolsek: Tidak DitelantarkanTangkapan layar video jenazah COVID-19 di Jember. IDN Times/Istimewa

Dalam narasi video, disebut jenazah COVID-19 ditelantarkan di jalan dan tidak ada yang mengangkat. Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Kaliwates Kompol Edi Sudarto bersama Muspika memastikan bahwa tidak ada jenazah yang ditelantarkan.

"Informasi di video tersebut tidak benar. Kami bersama Muspika telah membuat klarifikasi. Jenazah tersebut diturunkan kebetulan pas roda tandu mobil macet, jadi diturunkan. Di situ ada petugas dan keluarga, jadi tidak ditelantarkan," ujar Edi Sudarto saat dihubungi via telepon, Selasa (27/7/2021).

Sementara itu, dalam video klarifikasi Muspika Kaliwates yang diterima IDN Times, Kepala Puskesmas Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates dr. Rumi Enggarwati mengatakan, pasien tersebut mulanya di rujuk ke RS Kaliwates. Pasien kemudian meninggal dan kembali di antar ke rumah duka dengan protokol COVID-19.

"Jadi jenazah tersebut berpulang dari RS Kaliwates setelah dinyatakan meninggal kita bawa kembali ke rumah duka," ujar Rumi.

Baca Juga: Tenda Darurat hingga Hotel, Cara Jember Tambah Bed untuk COVID-19

2. Langsung dibawa ke rumah duka

Viral Jenazah di Pinggir Jalan Jember, Kapolsek: Tidak DitelantarkanIlustrasi Flu (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah mobil yang membawa jenazah sampai di rumah duka, kata Rumi, terjadi kemacetan roda tandu sehingga sempat terpaksa diturunkan. Tidak lama kemudian langsung di bawa ke rumah duka.

"Terjadi kemacetan pada ronda tandu mobil Puskesmas..jadi bukan dibiarkan di pinggir jalan atau ditelantarkan. Karena di sana juga ada keluarga, yang setelah kejadian langsung mengangkat jenazah ke rumah duka," jelasnya.

3. Tidak ditelantarkan

Viral Jenazah di Pinggir Jalan Jember, Kapolsek: Tidak DitelantarkanTangkapan layar video jenazah COVID-19 di Jember. IDN Times/Istimewa

Dalam video yang viral memang tampak jenazah di letakkan di pinggir jalan, namun masih ada petugas yang mengenakan APD lengkap.

"Mengklarifikasi video yang viral di media sosial, mengatakan ada jenazah yang ditelantarkan atau tidak diangkat di Jalan Sultan Agung. Kronologi sebenarnya jenazah tidak kita telantarkan atau biarkan. Karena di situ ada petugas yang memakai hazmat dan mobil Puskesmas yang siap mengangkut jenazah," ujarnya.

Baca Juga: Terpancing Hoaks, Warga Jember Rebut Jenazah dan Rusak Ambulans  

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya