1 Anggota TNI Tewas Ditembak, Wapres Perintahkan Kejar KKB Papua

Wapres kutuk serangan KKB terhadap anggota TNI

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memerintahkan TNI - Polri untuk mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Perintah ini keluar setelah KKB menyerang anggota TNI yang sedang mencari pilot Susi Air. Akibat serangan itu, satu anggota TNI yakni Pratu Miftahul Arifin tewas tertembak.

"Wapres mengimbau kepada segenap aparat keamanan yang tengah bertugas di Papua agar tidak gentar akibat kejadian ini, sembari tetap waspada, tabah dan berani dalam menghadapi tindak kekerasan dari KKB," ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).

Wapres, lanjut Masduki, mengatakan sudah saatnya TNI dan Polri bersikap tegas menyisir dan mengejar kelompok KKB secara tepat dan tidak mengganggu rakyat sipil.

Baca Juga: Anggota Komisi I DPR Benarkan 6 Prajurit TNI Gugur Diserang KKB Papua

1. Wapres kutuk tindakan KKB Papua

1 Anggota TNI Tewas Ditembak, Wapres Perintahkan Kejar KKB PapuaWapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Wapres Ma'ruf Amin mengutuk serangan yang dilakukan KKB, yang menewaskan anggota TNI. Ma'ruf pun menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Miftahul Arifin.

"Wapres mengucapkan turut berduka cita yang mendalam kepada keluarga besar TNI atas gugurnya Pratu Miftahul Arifin, saat bertugas menjaga keamanan dan juga kedaulatan negara di wilayah Papua," kata dia.

Wapres meminta seluruh aparat yang bertugas di Papua untuk tidak gentar terhadap penyerangan KKB.

Baca Juga: 1 Orang Prajurit TNI Teridentifikasi Tewas usai Serangan KKB Papua

2. Kronologi penyerangan KKB kepada anggota TNI

1 Anggota TNI Tewas Ditembak, Wapres Perintahkan Kejar KKB Papuaidn.times.com

Sebelumnya, Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel (Kav) Herman Taryaman membenarkan adanya serangan KKB atau Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua kepada prajurit TNI yang sedang bertugas.

Herman menerangkan, serangan itu terjadi ketika prajurit TNI sedang mencari pilot Susi Air pada Sabtu (15/4/2023) sekitar pukul 16.30 WIT.

"Bahwa kejadian tersebut benar yaitu Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas dalam rangka pencarian pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan KST," ujar Herman kepada IDN Times melalui pesan singkat, Minggu (16/4/2023).

3. Usai tertembak, tubuh anggota TNI masuk jurang

1 Anggota TNI Tewas Ditembak, Wapres Perintahkan Kejar KKB PapuaIlustrasi korban meninggal. (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam proses pencarian pilot Susi Air, sejumlah anggota TNI diserang KKB. Satu anggota TNI bernama Pratu Miftahul Arifin anggota Yonif R 321/GT teridentifikasi tewas.

Setelah tertembak, Arifin kemudian jatuh ke dalam jurang sedalam 15 meter.

Herman menerangkan, ketika anggota TNI lainnya melakukan evakuasi terhadap jenazah Arifin, KKB kembali menyerang dan menembaki anggota TNI.

"Selanjutnya saat dilaksanakan evakuasi prajurit korban meninggal (Alm Pratu Miftahul Arifin), tiba-tiba gerombolan KST kembali melakukan penembakan kepada personel TNI lainnya yang sedang mengevakuasi sehingga terjadi kontak tembak," kata dia.

Akibat kejadian itu, masih belum diketahui secara pasti berapa jumlah prajurit TNI yang menjadi korban baik yang gugur maupun luka-luka.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya