Alumni Al-Azhar Mesir Gelar Pertemuan di NTB, Bahas Ekonomi-Lingkungan

Pertemuan itu digelar pada 18-20 Maret 2022

Jakarta, IDN Times - Sejumlah alumni Al-Azhar Mesir di Indonesia menggelar pertemuan nasional ke-7, Jumat (18/3/2022). Pertemuan itu dilangsungkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sebanyak 350 alumni Al-Azhar Mesir di Indonesia dari berbagai daerah berkumpul di Mataram dalam perhelatan Multaqa Nasional ke-7 yg digelar dari tanggal 18-20 Maret 2022," ujar Sekjen Organisasi Alumni Al-Azhar Internasional (OIAA) Cabang Indonesia, Muchlis M Hanafi dalam keterangannya

Muchlis menjelaskan, pertemuan alumni Al-Azhar Mesir di Indonesia itu bertajuk "Mempromosikan Nilai-Nilai Wasathiyyah Islam untuk Mendorong Capaian Kinerja Pembangunan Berkelanjutan, Perspektif Ekonomi, Sosial dan Lingkungan."

1. Alumni Al-Azhar bahas soal ekonomi hingga lingkungan

Alumni Al-Azhar Mesir Gelar Pertemuan di NTB, Bahas Ekonomi-LingkunganAlumni Al-Azhar Mesir di Indonesia menggelar pertemuan (IDN Times/Istimewa)

Muchlis mengatakan, pertemuan itu juga akan membahas soal ekonomi, sosial dan lingkungan. Menurutnya, pembahasan tersebut diharapkan mampu menjadi masukan untuk pembangunan Indonesia.

"Selain menjadi ajang silaturahim, multaqa diharapkan dapat mengusung berbagai isu strategis untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan," katanya menjelaskan pertemuan Alumni Al-Azhar di NTB.

Baca Juga: 50 UMKM NTB Siap Sambut Pengunjung MotoGP 2022

2. Alumni Al-Azhar juga adakan sesi seminar yang diisi sejumlah narasumber

Alumni Al-Azhar Mesir Gelar Pertemuan di NTB, Bahas Ekonomi-LingkunganWakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah/dok. Humas Provinsi NTB

Lebih lanjut, Muchlis menerangkan, acara Alumni Al-Azhar juga akan ada sesi seminar yang akan diisi oleh sejumlah narasumber. Dia mengatakan, sesi seminar akan dibuka oleh Wakil Gubernur NTB, Siti Rahmi Jalilah pada Sabtu, 19 Maret 2022 di Auditorium UIN Mataram.

"Tampil sebagai narasumber para pakar dari berbagai bidang keahlian, yaitu: TGB Dr. M. Zainul Majdi (Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Ashar Cabang Indonesia, Wakil Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia, Prof. Dr. Ibrahim al-Hud Hud (Mantan Rektor Universitas Al Azhar Mesir), Erick Tohir (Meneg BUMN), H. Hery Gunardi (Dirut Bank Syariah Indonesia), Prof. Irwan Trinugroho (Pakar Bidang Green Economics dari UNS), Dr. Yuli Yasin (Badan Wakaf Indonesia), Prof. Dr. H. Masnun Tahir (Rektor Universitas Islam Negeri Mataram)," katanya.

3. Pertemuan alumni Al-Azhar Mesir di Indonesia sudah dilakukan sejak 2010

Alumni Al-Azhar Mesir Gelar Pertemuan di NTB, Bahas Ekonomi-LingkunganWilayah di sekitar Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Aldila Muharma)

Muchlis mengatakan, pertemuan alumni Al-Azhar Mesir di Indonesia ini pertama kali digelar pada 2010 di Solo. Sementara, acara pertemuan terakhir kali diselenggarakan pada 2018 di Jakarta.

"Rangkaian multaqa (pertemuan) nasional diawali dengan jamuan makan malam di Hotel Lombok Raya, Jumat, 18 Maret 2022 yg dihadiri oleh Gubernur NTB, Zulkiflimansyah dan TGB M. Zainul Majdi," imbuhnya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Bantu Pemulangan Jenazah Mahasiswi Al-Azhar Mesir

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya