Angin Kencang Akibat Siklon Tropis Paddy Bersihkan Polusi di Jakarta

Tapi, polutan yang dibawa angin bisa mengotori wilayah lain

Jakarta, IDN Times - Kawasan DKI Jakarta diterpa angin kencang pada Selasa (23/11/2021). Angin kencang itu diduga disebabkan adanya Siklon Tropis Paddy yang berada di Samudra Hindia bagian selatan.

Aplikasi pemantau Jabodetabek, Nafas, menyebut angin kencang yang terjadi sebagai "hadiah" karena membersihkan polusi udara di Jabodetabek. Hal itu disampaikan melalui akun Twitternya.

"Angin (bukan hujan) lebih mempengaruhi kepada polusi udara yang tinggi. Kenapa? Karena angin MEMINDAHKAN polusi ke tempat yang lain ("membersihkan"). Padahal udaranya bagus, bukan artinya masalah polusi sudah ditangani," tulis Nafas di akun Twitter @nafasidn, Selasa (23/11/2021)

Lalu, benarkan angin bisa membersihkan polusi udara?

1. Penjelasan BMKG soal angin bisa bersihkan udara

Angin Kencang Akibat Siklon Tropis Paddy Bersihkan Polusi di Jakartailustrasi polusi udara (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sub Koordinator Bidang Informasi Gas Rumah Kaca di Bidang Informasi Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Alberth Nahas, membenarkan angin bisa membersihkan polusi udara di suatu wilayah. Polusi udara tersebut, kata dia, kemudian pindah ke wilayah lain.

"Iya, bisa membersihkan udara, bisa jadi dia membersihkan di satu lokasi karena karena dia (angin) membawa polutan itu ke lokasi lain, lokasi lain itu justru bisa meningkatkan konsentrasi polutan," ujar Alberth kepada IDN Times, Rabu (24/11/2021).

Menurutnya, DKI Jakarta yang polutannya tinggi, sering dibersihkan oleh angin yang lewat. Sehingga, kata dia, angin menjadi salah satu elemen membersihkan polusi udara.

"Biasanya bisa dilihat dari data dan bisa dipantau dari aplikasi Nafas tersebut, dan memang secara insidental dan kebetulan angin berada di lokasi polutan dan bergerak ke lokasi lain, bisa menurunkan kadar di atmosfer," katanya.

Baca Juga: BMKG: Siklon Tropis Paddy Jadi Penyebab Angin Kencang di Jakarta

2. Siklon Tropis Paddy jadi penyebab angin kencang di Jakarta

Angin Kencang Akibat Siklon Tropis Paddy Bersihkan Polusi di JakartaRuang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sebelumnya, angin kencang menerpa wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (23/11/2021) sore hingga malam. Kepala Sub Koordinator Prediksi Cuaca BMKG, Ida Pramuwardani, mengatakan hal itu disebabkan adanya Siklon Tropis Paddy.

"Jadi begini, Siklon Tropis Paddy yang ada di Samdura Hindia sebelah selatan Jawa, itu dia itu menarik masa udara dari Samudra Hindia, jadi Samudra Hindia itu ada dorongan masa udara, dorongan angin dari Samudra Hindia ke Indonesia, berarti kan dari barat ke timur," ujar Ida kepada IDN Times, Rabu (24/11/2021).

"Karena siklon tropis tadi dorongan kuat, sehingga terjadi angin kencang semalam, kemungkinan hari ini juga masih akan terjadi seiring dengan menjauhnya si Siklon Tropis Paddy dari Indonesia," sambungnya.

3. Kecepatan angin 28-48 km per jam

Angin Kencang Akibat Siklon Tropis Paddy Bersihkan Polusi di JakartaBMKG Deteksi dua bibit siklon (BMKG)

Ida mengatakan kecepatan angin yang terjadi kemarin di Jakarta sekitar 28-46 km per jam. Paling tinggi berada di Cengkareng, Jakarta Barat; sekitar kawasan Halim, Jakarta Timur; Tanjung Priok, Jakarta Utara; dan Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Itu data 23 November 2021," katanya.

Menurutnya, angin kencang diprediksi masih terjadi hari ini. Tapi, kecepatannya berkurang dari yang terjadi semalam.

Ida menerangkan angin kencang juga terjadi di sejumlah daerah. Seperti Sumatra bagian selatan, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Selat Sunda, dan Laut Jawa.

Baca Juga: Siklon Tropis Paddy di Samudra Hindia, Ini Dampak bagi Indonesia

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya