Anies Akan Temui Jokowi di Istana, Pamitan dari Jabatan Gubernur DKI

Anies selesai jadi Gubernur DKI pada 16 Oktober 2022

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini, Jumat (21/10/2022), diagendakan bertemu dengan Anies Baswedan di Istana Kepresidenan, Jakarta. Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini membenarkan agenda tersebut.

"Betul (ada pertemuan antara Jokowi dan Anies)," ujar Faldo kepada wartawan.

Baca Juga: NasDem Minta Publik Tak Anggap Anies Antitesis Jokowi

1. Anies ingin pamitan pada Jokowi

Anies Akan Temui Jokowi di Istana, Pamitan dari Jabatan Gubernur DKIGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berolah raga saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Faldo menerangkan, agenda tersebut terkait Anies ingin berpamitan kepada Jokowi setelah tak lagi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, Anies terlebih dahulu meminta waktu untuk bertemu Jokowi.

"Betul, itu permohonan Pak Anies yang ingin pamitan selesai sebagai Gubernur DKI," ucap dia.

Diketahui, jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta selesai pada 16 Oktober 2022. Anies digantikan oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Gubernur definitif DKI Jakarta baru ada lagi setelah pilkada serentak pada November 2024.

Baca Juga: Anies dan Riza Hadiri Pelantikan Pj Gubernur DKI Heru Budi

2. Heru Budi dilantik menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta pada 17 Oktober 2022

Anies Akan Temui Jokowi di Istana, Pamitan dari Jabatan Gubernur DKIMomen Anies Baswedan bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi di Kanto Kemendagri, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pada Senin (17/10/2022).

Dalam pelantikan tersebut, Tito menuturkan, hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengatur tentang pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Keppres 100/P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan Tahun2017-2022, dan pengangkatan Penjabat Gubenur DKI Jakarta," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Pantauan IDN Times di lokasi, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terdahulu, Anies Baswedan bersama Riza Patria, tampak menghadiri pelantikan yang digelar di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Tito juga memimpin langsung sumpah jabatan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi.

"Bersediakah saudara-saudara mengucapkan sumpah atau janji sesuai agama masing-masing?" ujar Tito memandu pembacaan sumpah dan janji.

3. Jadi Pj Gubernur DKI, Heru: Saya akan kerja, kerja, kerja

Anies Akan Temui Jokowi di Istana, Pamitan dari Jabatan Gubernur DKIMomen Anies Baswedan bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi di Kanto Kemendagri, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Heru memastikan, akan terus melanjutkan estafet kepemimpinan Anies. Salah satunya terkait program kerja Anies yang baik untuk masyarakat.

"Yang bagus dan baik untuk masyarakat pasti akan saya lanjutkan. Saya akan kerja, kerja, kerja,” ujar Heru kepada awak media di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Heru juga menegaskan, memasukan sejumlah catatan penting yang menjadi amanah dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Dia juga mengatakan akan bekerja maksimal sebagai orang nomor satu di DKI, guna memastikan sejumlah permasalahan dan keluh kesah warga Jakarta dapat ditangani dengan baik.

”Tentunya tadi beliau, Pak Mendagri, sudah menekankan beberapa poin dan akan kami masukkan dalam sebuah program 2023," kata Heru

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya