Comscore Tracker

Anies Ungkap Sosok Cawapres yang Akan Dampinginya di 2024

Intinya adalah semua putra bangsa

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmi menjadi calon presiden (capres) dari Partai NasDem. Anies juga diberi otoritas oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh untuk menentukan cawapresnya.

Anies kemudian mengungkap sosok cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024.

"Intinya adalah semua putra bangsa. Semua yang siap untuk berjalan bersama, meninggikan kepentingan, republik di atas kepentingan yang lain, itu yang akan leluasa untuk kita berjalan bersama," ujar Anies di NasDem Tower, Senin (3/10/2022).

Meski demikian, Anies mengaku baru akan membahas cawapres setelah tak lagi menjabat Gubenur DKI Jakarta. Anies selesai menjadi gubernur pada 16 Oktober 2022.

Selain itu, Anies juga mengaku menghormati proses yang ada di partai politik. Menurutnya, proses koalisi juga akan ikut dibicarakan selepas 16 Oktober 2022.

"Nah, kami saat ini masih fokus untuk Jakarta, masih. Karena tugas di Jakarta ini belum selesai. Sampai tugas selesai di Jakarta, baru mulai memikirkan mengenai pasca-Jakartanya. Dan tadi setelah acara selesai kita duduk bersama bahwa sampai 16 (Oktober) saya masih mengurusi Jakarta," imbuhnya.

NasDem tak bisa sendirian dalam mengusung calon presidennya. Sebab, perolehan suara NasDem tak memenuhi presidential threshold atau ambang batas capres minimal 20 persen.

Pada pemilu 2019, NasDem memperoleh suara sebanyak 12.661.792 atau 9,05 persen. NasDem harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk kontestasi Pilpres 2024.

Baca Juga: Paloh Jelaskan Alasan NasDem Usung Anies Capres: Why Not The Best

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya