Arahan Jokowi ke Yudo Margono Usai Pelantikan Panglima TNI

Jokowi minta ke Yudo agar TNI terus dicintai rakyat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melantik Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai Panglima TNI. Usai pelantikan, Jokowi membeberkan apa saja yang menjadi arahannya kepada Yudo.

"Agar menjaga netralitas TNI agar tidak ketarik-tarik ke dalam politik praktis, yang penting, karena dan pentingnya sinergi TNI dan Polri dalam menjaga kondusivitas negara kita," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

"Karena penting stabilitas politik, stabilitas keamanan penting dalam rangka pembangunan negara, pembangunan ekonomi kita, dalam situasi yang tidak pasti karena ketidakpastian global," sambungnya.

Baca Juga: Sah! Yudo Margono Dilantik Jokowi Jadi Panglima TNI 

1. Jokowi minta Yudo jaga kecintaan rakyat kepada TNI

Arahan Jokowi ke Yudo Margono Usai Pelantikan Panglima TNIKeterangan Pers Presiden Jokowi usai pelantikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi juga meminta Yudo untuk terus menjaga kecintaan raykat kepada TNI. Menurut Jokowi, kecintaan rakyat kepada TNI saat ini sudah berada di posisi tertinggi.

"Kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang terus harus ditingkatkan," ucap dia.

Baca Juga: Yudo Margono Tiba di Istana Negara Jelang Dilantik Jadi Panglima TNI

2. Yudo mengaku tugasnya adalah menjaga kedaulatan bangsa

Arahan Jokowi ke Yudo Margono Usai Pelantikan Panglima TNIPanglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono (IDN Times/Ilman nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Yudo mengaku mendapat tugas untuk senantiasa menjaga kedaulatan bangsa hingga persatuan dan kesatuan. Menurutnya, hal tersebut yang akan menjadi prioritas kerjanya.

"Nah, awal ini nanti kan ada exit briefing, nanti dari Panglima TNI Pak Andika yang lama, nanti tentunya saya akan entry briefing dulu, kita kumpulkan dulu para staf, para kepala staf angkatan, kemudian juga staf Mabes TNI untuk merumuskan, itu baru kita melangkah ke yang kemarin saya sampaikan sesuai dengan program prioritas saya yang 4 itu," kata Yudo.

3. Yudo jamin TNI netral di Pemilu 2024

Arahan Jokowi ke Yudo Margono Usai Pelantikan Panglima TNIKeterangan Pers Presiden Jokowi usai pelantikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu menegaskan, TNI netral di Pemilu 2024. TNI tak akan terpengaruh dan masuk ke dalam politik praktis.

"Kita dari dulu kan TNI netral kan, itu akan kita pertahankan terus apalagi di tahun politik, tentunya harus menjaga kondusivitas politik maupun situasi yang ada itu," kata dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya