Arus Balik Nataru, Polisi Berlakukan One Way dari Tol Palimanan

1 Januari 2024 sudah mulai masuk arus balik libur Nataru

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, 1 Januari 2024 sudah mulai masuk arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Oleh karena itu, mulai hari ini akan diberlakukan sistem one way dari Tol Palimanan menuju Jakarta.

"Nanti akan dijelaskan secara lebih lanjut untuk mengantisipasi manakala ada puncak arus balik yang akan masuk kembali ke Jakarta," ujar Listyo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (31/12/2023).

Baca Juga: Arus Balik Natal, Tol Cipali One Way dan Contra Flow Sejak 14.00-24.00

1. berharap arus balik berjalan lancar

Arus Balik Nataru, Polisi Berlakukan One Way dari Tol PalimananInin Nastain IDN Times/ Jalur A arah Jakarta -Cirebon Tol Cipali di KM 166 padat lancar

Listyo berharap, proses arus balik masyarakat dari lokasi liburan bisa berjalan lancar.

Dalam kesempatan itu, Listyo juga menyinggung kemacetan parah yang sempat terjadi di Bali.

2. Kemacetan di Bali bisa diurai dengan rekayasa lalu lintas

Arus Balik Nataru, Polisi Berlakukan One Way dari Tol PalimananKepadatan arus lalu lintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Listyo mengakui bahwa sempat terjadi kemacetan di Bali. Namun akhirnya bisa diurai. 

"Jadi tadi diinformasikan bahwa memang jalur yang ada khususnya kemacetan dari bandara sampai ke rute-rute ataupun wilayah tujuan itu memang sempat terjadi kemarin, namun kemudian sudah bisa diurai dengan rekayasa yang ada," kata dia.

3. Polri telah menyiapkan evaluasi

Arus Balik Nataru, Polisi Berlakukan One Way dari Tol PalimananArus lalulintas jalan tembus Sarangan - Karanganyar padat/ IDN Times/ Riyanto

Listyo mengungkapkan, Polri telah menyiapkan evaluasi dan langkah berikutnya jangka pendek, menengah, dan panjang.

"Tentunya tadi dilaporkan bagaimana ke depan ada langkah-langkah jangka pendek, menengah, dan panjang baik dari penjemputan, terus memanfaatkan digital, online, panggilan online, sampai dengan menggunakan jalur khusus yang tadi tentunya perlu ada persiapan khusus. Jalur khusus seperti kereta dan sebagainya tadi disampaikan," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya