Begini Suasana Bandara Soekarno-Hatta di H-3 Tahun Baru 2022

Tak ada penyekatan di periode Natal dan Tahun Baru 2022

Jakarta, IDN Times - Tahun baru 2022 tinggal tiga hari lagi. Sejumlah masyarakat memilih pergi berlibur ke tempat yang diinginkan untuk merayakan tahun baru 2022.

Meski masih dalam suasana pandemik COVID-19, pemerintah tidak melakukan pembatasan mobilitas masyarakat. Pemerintah hanya meminta penguatan aplikasi PeduliLindungi dan tes COVID-19.

Baca Juga: Libur Nataru, Maskapai Dilarang Ajukan Tambahan Kapasitas Penerbangan

1. Suasana Bandara Soekarno-Hatta

Begini Suasana Bandara Soekarno-Hatta di H-3 Tahun Baru 2022Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (29/12/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Pantauan IDN Times, Rabu (29/12/2021) pukul 12.05 WIB, suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta terlihat ramai. Meski demikian, tak terjadi kepadatan yang terjadi di Terminal 3.

Suasana tersebut nampak di keberangkatan domestik. Sementara, untuk keberangkatan internasional, suasananya lebih lengang lagi.

Kursi tunggu untuk penumpang juga terlihat masih belum banyak terisi meski ada tanda pembatas jaga jarak. Sejumlah penumpang juga terlihat ada yang sedang melakukan check-in.

Mereka terlihat pergi bersama keluarga. Sejumlah anak-anak juga terlihat berada di Terminal 3.

Baca Juga: Menhub Atur Kedatangan Pekerja Migran di Bandara Soekarno-Hatta

2. Tujuan masyarakat pergi berlibur

Begini Suasana Bandara Soekarno-Hatta di H-3 Tahun Baru 2022Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (29/12/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Salah satu penumpang, Ade (31) mengaku akan pergi ke Bali bersama keluarganya. Pria asal Bekasi ini berencana pergi ke Bali selama 4 hari.

"Ya ini kan mumpung bisa cuti, jadi sekalian deh," kata Ade.

Ade mengaku masih ada kekhawatiran pergi berlibur di masa pandemik.

"Ya khawatir sih ada, cuma ini kan sudah divaksin juga dan sudah swab juga," katanya.

Penumpang lainnya, Chika (43) juga berencana pergi ke Bali. Chika mengaku ingin merayakan tahun baru 2022 di Pulau Dewata.

Baca Juga: Menhub Atur Kedatangan Pekerja Migran di Bandara Soekarno-Hatta

3. Syarat perjalanan udara selama libur Nataru

Begini Suasana Bandara Soekarno-Hatta di H-3 Tahun Baru 2022Ilustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Di periode libur Nataru ini, pemerintah memberikan syarat perjalanan bagi penumpang moda transportasi udara. Pertama, penumpang wajib melakukan vaksinasi dosis lengkap dan melampirkan hasil negatif tes Antigen (maksimum 1x24 jam).

"Bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis lengkap, atau karena alasan medis, maka mobilitasnya dibatasi untuk sementara,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto dalam keterangan resminya, Jumat (17/12/2021).

Sementara itu, bagi masyarakat yang belum vaksin dan akan bepergian dengan menggunakan transportasi udara untuk keperluan berobat/medis, maka wajib menunjukkan negatif RT-PCR (maksimal 3x24 jam) dan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 111 Tahun 2021 tentang Pengaturan Mobilitas Masyarakat dengan Transportasi Udara selama Periode Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi COVID-19.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya