Beri Bonus ke Atlet SEA Games, Jokowi: Gunakan untuk Investasi

Bonus yang diberikan total Rp289 miliar

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan bonus untuk atlet, pelatih dan asisten pelatih yang meraih medali di SEA Games 2023 Kamboja. Jokowi berpesan agar para atlet menggunakan bonus itu untuk berinvestasi.

"Saya titip pesan, (bonus) dimanfaatkan untuk digunakan sebaik-baiknya untuk investasi jangka panjang, jangan dibelikan barang mewah yang tidak bermanfaaf," ujar Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: Jokowi Kucurkan Bonus ke Peraih Medali di SEA Games Rp289 M

1. Investasi sebagai bekal masa depan

Beri Bonus ke Atlet SEA Games, Jokowi: Gunakan untuk InvestasiPresiden Jokowi berikan bonus peraih medali di SEA Games 2023 kepada atlet, pelatih dan asisten pelatih. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi menerangkan, barang yang dibeli atlet sebaiknya memiliki nilai investasi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mencontohkan pembelian barang seperti mobil.

"Kalau investasi harganya selalu naik, kalau mobil beli sekarang tahun depan harganya besok sudah separuh. Saya titip ini karena perjuangan saudara masih panjang dalam meningkatkan prestasi di agenda yang akan datang," kata dia.

Baca Juga: Cerita Kakak Adik yang Sumbangkan Emas di SEA Games Kamboja 2023

2. Total hadiah yang diberikan Rp289 miliar

Beri Bonus ke Atlet SEA Games, Jokowi: Gunakan untuk InvestasiPresiden Jokowi bersama Menpora Dito Ariotedjo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi menyampaikan, total bonus yang diberikan kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih, sebesar Rp289 miliar.

"Kita ingat, saat pemberangkatan, saya bertanya ke Menpora, 'target berapa? Beliau bilang 60 (medali emas)'. Saya gak mau, minimal 69 emas," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berseloroh mengenai capaian medali emas yang melebihi target berdampak pada tingginya anggaran yang harus dikeluarkan.

"Sekarang di Kamboja dapatnya 87 medali emas, 80 medali perak dan 109 perunggu. Saya jadi berpikir, bonusnya jadi gede banget, kita hitung-hitung bonusnya Rp289 miliar, atlet, pelatih, asisten pelatih, semuanya diberikan," kata dia.

Baca Juga: Kabar Megawati Pecah Kongsi Dengan Jokowi, Rudy: Isu di Tahun Politik

3. Rincian besaran bonus untuk masing-masing penerima medali

Beri Bonus ke Atlet SEA Games, Jokowi: Gunakan untuk InvestasiPresiden Jokowi berikan bonus peraih medali di SEA Games 2023 kepada atlet, pelatih dan asisten pelatih (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Berikut rincian besaran bonus untuk masing-masing medali:

  1.  Medali Emas Beregu menerima Rp367,5 juta
  2.  Medali Emas Ganda/Pasangan menerima Rp420 juta
  3.  Medali Emas Perorangan menerima Rp525 juta
  4.  Medali Perak Ganda/Pasangan menerima Rp252 juta
  5.  Medali Perak Perorangan menerima Rp315 juta
  6.  Medali Perunggu Beregu menerima Rp110.250.000
  7.  Medali Perunggu Ganda/Pasangan menerima Rp126 juta.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya