[BREAKING] Jokowi Minta Masyarakat Hindari Puncak Arus Mudik Lebaran 28-30 April

Masyarakat diminta pulang kampung lebih cepat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengajak masyarakat untuk mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini lebih awal. Dia meminta masyarakat untuk menghindari mudik pada 28-30 April 2022 yang diprediksi sebagai puncaknya.

"Dari survei Kementerian Perhubungan didapatkan hasil, bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik, ini adalah jumlah yang sangat besar, dan diperkirakan akan terjadi kemacetan parah. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada 28, 29 dan 30 April 2022," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).

Untuk mengantisipasi kemacetan parah, pemerintah akan menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui aturan ganjil genap, pemberlakuan satu arah di jalan tol. Selain itu, truk juga dilarang masuk tol saat periode mudik leabran.

"Untuk itu, saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal, tentu saja menyesuaikan dengan jadwal libur dari tempat bekerja," ucapnya.

"Jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan, utamanya memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak," katanya lagi.

Baca Juga: [BREAKING] Menkes: Anak Mau Mudik Tak Perlu Vaksin Booster dan Tes COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya