[BREAKING] Jokowi Singgung Kesuksesan DPR Sahkan Omnibus Law Saat Pandemik

Jokowi mengapresiasi DPR karena UU Cipta Kerja disahkan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam pidato Sidang Tahunan MPR 2021 bicara mengenai suksesnya pengesahan Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja. Semula, Jokowi menyinggung mengenai penanganan pandemik COVID-19 perlu adanya kerja sama dengan DPR RI.

"Menghadapi pandemi yang membutuhkan penanganan yang luar biasa, DPR RI bersama pemerintah juga telah bekerja keras dan bersinergi untuk membangun fondasi hukum bagi penanganan COVID-19," ujar Jokowi dalam siaran langsung di Channel YouTube DPR RI, Senin (16/8/2021).

Setelah itu, Jokowi menyinggung mengenai sukesnya pembahasan UU Cipta Kerja. UU Cipta Kerja ini disahkan pada masa pandemik COVID-19 yakni 5 November 2020.

"Selain penanganan masalah kesehatan, DPR bersama pemerintah berhasil menyelesaikan UU Cipta Kerja, yang merupakan omnibus law pertama di Indonesia, yang menjadi pilar utama reformasi struktural di negara kita," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian mengapresiasi DPR yang terus memberikan berbagai inovasi. Menurutnya, DPR terus melakukan penjaringan aspirasi masyarakat dalam menjalankan pengawasan trhadap pelaksanaan program pemerintah.

"DPD RI juga terlibat aktif dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang, termasuk terkait dengan kebijakan anggaran, serta melakukan pengawasan, utamanya terhadap pelayanan publik dan pelaksanaan UU tentang Desa," ucapnya.

Sidang ini digelar secara luring dan daring. Hanya ada 60 orang saja yang boleh hadir secara langsung di gedung parlemen. Sisanya, tamu undangan hadir secara virtual.

Selain itu, Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga diagendakan hadir secara virtual.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi: Pengambilan Keputusan COVID-19 Harus Merujuk Data

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya