Comscore Tracker

[BREAKING] Kasus Omicron Melonjak, Pemberangkatan Umrah Dihentikan Sementara

Ada 419 jemaah yang kembali ke Indonesia hari ini

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) menghentikan sementera keberangkatan umrah jemaah Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus varian COVID-19 Omicron.

"Benar, jadi memang kita menutup sementara untuk evaluasi, kemarin terakhir memberangkatkan (jemaah) tanggal 15 Januari, setelah itu tidak ada keberangkatan sambil kita melakukan evaluasi harian," kata Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Ibadah Haji Khusus Kemenag, Noer Alya Fitra, kepada IDN Times, Senin (17/1/2022).

Pria yang akrab disapa Nafit itu menjelaskan, keberangkatan umrah di masa pandemik yang dibuka secara resmi oleh Kemenag dimulai pada 8 Januari hingga 15 Januari 2022. Tercatat, lebih dari 2 ribu jemaah berangkat.

"Jemaah umrah tanggal 8 Januari kemarin diberangkatkan, hari ini datang. Itu yang menjadi pertimbangan kami untuk sementra evalausi dari penyelenggaraan umrah," katanya.

Ada 419 jemaah yang kembali ke Indonesia hari ini. Mereka akan mendarat siang ini. Setibanya di Bandara Seokarno-Hatta, para jemaah akan menjalani tes PCR.

Jemaah kemudian akan pergi ke hotel selama 7 hari untuk menjalani karantina, sambil menunggu hasil tes PCR. Bila ada yang positif COVID-19, jemaah akan dibawa ke Wisma Atlet.

Baca Juga: Jemaah Tiba di RI Hari Ini, Kemenag Evaluasi Pemberangkatan Umrah

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya