[BREAKING] Sah! Zulhas dan Hadi Jadi Menteri Kabinet Indonesia Maju

Zulhas dan Hadi Tjahjanto baru saja dilantik Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, dan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto. Zulhas dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi.

Sementara, Hadi akan menduduki jabatan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi menggantikan Sofyan Djalil. Pelantikan itu digelar di Istana Merdeka, Rabu (15/6/2022).

Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 64/B Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara, Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Selain itu, ada tiga wakil menteri yang dilantik hari ini, yakni Afriansyah Noor sebagai Wakil Menaker, Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN dan John Wempi Watimpo sebagai Wamendagri.

Dengan mengenakan setelan jas berwarna abu-abu, dasi merah, peci hitam, dan masker, Jokowi memimpin jalannya acara pelantikan. Dia meminta para menteri tersebut untuk mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.

"Demi Allah saya bersumpah, akan setia kepada UUD 1945 serta menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Jelang Reshuffle, Jokowi Makan Siang Bareng Ketum Parpol Koalisi

Topik:

  • Satria Permana
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya