Dampingi Kaisar Jepang di Borobudur, Ganjar Jajaki Peluang Kerja Sama

Ganjar juga diundang datang ke Jepang

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendampingi Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito, saat berkunjung ke Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, pada Kamis (22/6/2023). Ganjar menceritakan, Kaisar Jepang takjub saat melihat Candi Borobudur.

“Dari filosofinya terkesan, teknologinya terkesan, terus kemudian cerita yang diceritakan narasinya bagus banget tadi sangat terkesan. Sehingga banyak ekspresi yang saya lihat ‘wow, wow’. Jadi itu pasti menunjukkan kesan yang hebat,” ujar Ganjar dalam keterangan yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Kunjungi Sabo di DIY, Kaisar Jepang Tertarik Lanjutkan Kerja Sama

1. Ganjar yakin ada peluang kerja sama antara Jepang dan Jawa Tengah

Dampingi Kaisar Jepang di Borobudur, Ganjar Jajaki Peluang Kerja SamaGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Ganjar yakin ada peluang kerja sama antara Jepang dan Jawa Tengah. Menurutnya, saat ini masih dalam proses penjajakan kerja sama di berbagai bidang.

“Apakah diplomatiknya, politiknya, ekonominya, B2B-nya agar kemudian kita bisa memanfaatkan hubungan baik ini,” kata dia.

Baca Juga: Sultan HB X dan Kaisar Jepang Bahas Budaya hingga Generasi Muda

2. Ganjar diundang ke Jepang

Dampingi Kaisar Jepang di Borobudur, Ganjar Jajaki Peluang Kerja SamaBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Ganjar mengatakan, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji juga mengundangnya datang ke Jepang. Namun, Ganjar belum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bisa berkunjung ke Negeri Sakura itu.

“Tadi Pak Duta Besar langsung bicara dengan saya dan beberapa tokoh penting tadi. Bisik-bisik ke saya kapan bisa ke Jepang. Saya bilang harus menyelesaikan tugas dulu, rasa-rasanya kalau dalam waktu pendek, belum,” kata Ganjar.

Baca Juga: Kunjungi Sabo di DIY, Kaisar Jepang Tertarik Lanjutkan Kerja Sama

3. Ganjar puji tur guide

Dampingi Kaisar Jepang di Borobudur, Ganjar Jajaki Peluang Kerja SamaGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Forkopimda tahun 2023 di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor pada hari ini, Selasa (17/1/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga memuji tour guide bernama Mura yang menjelaskan dengan baik tentang Candi Borobudur ke Kaisar Jepang. Ganjar menyebut, penjelasannya mudah dipahami.

“Saya melihat kaisar Hiro sangat senang tadi, sangat impresif melihat dan mengikuti. Senang sekali karena guide-nya keren,” imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya