Deretan Presiden RI Lahir Bulan Juni, Ada Soekarno hingga Jokowi

Jokowi kini berusia 62 tahun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berulang tahun pada 21 Juni. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Jokowi kini berusia 62 tahun.

Karier politik Jokowi dimulai saat ia terpilih menjadi Wali Kota Solo pada 2005. Karier politiknya semakin moncer hingga terpilih sebagai Presiden Indonesia selama dua periode.

Tak hanya Jokowi, Presiden Indonesia yang lahir pada bulan Juni. Mereka adalah Soekarno, Soeharto, dan B.J Habibie.

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun ke-62, Presiden Jokowi!

1. Ir. Soekarno

Deretan Presiden RI Lahir Bulan Juni, Ada Soekarno hingga JokowiIlustrasi Sukarno (IDN Times/Arief Rahmat)

Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno juga lahir pada bulan Juni. Dikutip dari kemdikbud.go.id, Soekarno lahir di Blitar pada 6 Juni 1901 dengan nama Kusno Sosrodihardjo. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai yang berasal dari Buleleng, Bali. 

Ketika masih kecil, ia sering sakit-sakitan sehingga sesuai adat Jawa namanya diganti menjadi Soekarno.

Soekarno kecil sempat ikut orangtuanya pindah ke Mojokerto dan mengenyam pendidikan di ELS (Europeesche Lagere School), sekolah dasar era kolonial Hindia Belanda. Lalu Soekarno melanjutkan pendidikannya di HBS yang berlokasi di Surabaya.

HBS adalah sekolah menengah umum pada zaman Hindia Belanda untuk orang Belanda, Eropa, China, dan elite pribumi dengan bahasa pengantar bahasa Belanda.

Tamat dari HBS, Soekarno muda tinggal di rumah sahabat ayahnya yang kini juga dikenal sebagai salah satu pahlawan Indonesia, HOS Tjokroaminoto. Di sana, dia belajar dan terbentuk menjadi pejuang.

Soekarno juga diketahui menamatkan pendidikannya di Technische Hooge School (THS) jurusan teknik sipil. Sekolah ini kini bernama Institut Teknologi Bandung (ITB). Dari sinilah Soekarno muda mendapat gelar insinyur.

Baca Juga: Biografi Soekarno, Yang Berjuluk Singa Podium

2. Soeharto

Deretan Presiden RI Lahir Bulan Juni, Ada Soekarno hingga JokowiPresiden ke-2 RI Soeharto. (Dok. Arsip Nasional RI)

Berikutnya, ada Presiden ke-2 RI, Soeharto yang lahir di Bantul, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Penguasa Orde Baru tersebut meninggal dunia pada 27 Januari 2008 dalam 80 tahun.

Semasa kecil, Soeharto dikenal sebagai bocah cerdas dan pendiam. Dia lahir dari keluarga sederhana di Pulau Jawa. Lahir dengan perawakan baik, Soeharto pun masuk militer.

Karier Soeharto di militer terus melonjak, usai berhasil menuntaskan tugasnya dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda. Kini, ia dikenang sebagai Bapak Pembangunan Indonesia. 

Baca Juga: Kisah Soeharto, Bocah Pendiam yang Lahir dari Keluarga Sederhana

3. B.J Habibie

Deretan Presiden RI Lahir Bulan Juni, Ada Soekarno hingga JokowiB. J Habibie, Presiden Indonesia Ketiga (Website/kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id)

Kemudian, ada Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J Habibie) yang lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Ia merupakan anak keempat dari delapan bersaudara. Ketika usianya 14 tahun, tepatnya pada September 1950, ia kehilangan sang ayah, Alwi Abdul Jalil Habibie, yang meninggal akibat serangan jantung.

Habibie lantas hidup bersama saudara-saudaranya di bawah asuhan sang ibunda, RA Tuti Marini. Ketika berusia 26 tahun, ia meminang gadis cantik Hasri Ainun Besari pada 12 Mei 1262.

Habibie menempuh pendidikan strata satu di Institute Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, usai menyelesaikan pendidikan SMA di Gouverments Middlebare School.

Dengan mendapat beasiswa dari pemerintahan, yang kala itu dipimpin Presiden Pertama Republik Indonesia Sukarno, Habibie muda melanjutkan pendidikannya ke Jerman.

Baca Juga: Anas Ziarah ke Makam Habibie hingga Taufiq Kiemas di TMP Kalibata

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya