Di Acara LPDP, Jokowi Ingatkan Jangan Salah Pilih Pemimpin

Jokowi harap bonus demografi bisa dimanfaatkan dengan baik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan masyarakat agar jangan salah memilih pemimpin saat hadir di acara Festival Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2023).

Mulanya, Jokowi menyampaikan Indonesia memiliki bonus demografi. Bonus demografi itu, kata dia, harus dimanfaatkan selama 13 tahun agar Indonesia bisa menjadi negara maju.

"Saya ulang di mana-mana, dalam 13 tahun ke depan adalah saat yang sangat menentukan negara kita bisa melompat jadi negara maju atau tidak, dan hati-hati! Banyak contoh, negara Amerika Latin tahun 1950, tahun 1970 sudah menjadi negara berkembang, tapi sampai saat ini masih tetap menjadi negara berkembang karena tidak memanfaatkan peluang," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Saya Merasa Nyaman

1. Jokowi ingatkan jangan salah pilih pemimpin

Di Acara LPDP, Jokowi Ingatkan Jangan Salah Pilih PemimpinPresiden Joko "Jokowi" Widodo (dok. Sekretariat Presiden)

Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak salah memilih pemimpin pada Pilpres 2024. Jokowi kemudian menitipkan kemajuan Indonesia kepada generasi muda.

"2024, 2029, 2034, kepemimpinan nasional sangat penting sekali untuk bisa kita menatap maju atau tidak maju. Hati-hati pada 2024 dalam memilih pemimpin. Tapi kedaulatan ada di tangan rakyat," ucap dia.

Baca Juga: Salah Desain Jembatan LRT Jabodebek, Jokowi: Kita Evaluasi

2. Jokowi minta penerima LPDP untuk pulang

Di Acara LPDP, Jokowi Ingatkan Jangan Salah Pilih PemimpinPresiden Joko "Jokowi" Widodo (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan kepada penerima LPDP yang sudah menyelesaikan studinya di luar negeri untuk pulang ke Indonesia.

"Ilmunya jangan diendapkan untuk diri sendiri dan yang paling penting, saya titip, pulang, pulang, pulang," ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi akan Berikan Tanda Bintang Jasa ke Iriana hingga Presiden FIFA

3. Jokowi minta penerima LPDP pulang meski gaji di Indonesia lebih kecil

Di Acara LPDP, Jokowi Ingatkan Jangan Salah Pilih PemimpinPresiden Jokowi saat berbincang santai sambil menyantap bakso dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta kepada penerima LPDP untuk pulang meski gaji di Indonesia lebih kecil dibanding luar negeri. Menurutnya, Indonesia membutuhkan generasi penerus bangsa.

"Meskipun gaji di sini mungkin lebih rendah sedikit, tapi tetap pulang, meskipun mungkin fasilitas enak di negara lain, tetap pulang. Karena negara kita saat ini sangat membutuhkan anak-anak muda yang memiliki pemikiran, yang memiliki visi ke depan yang lebih baik, dan kita memang kurang SDM yang seperti itu," kata dia.

Baca Juga: Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Saya Merasa Nyaman

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya