Di Depan Jokowi, Ketua KPU Pastikan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal

KPU sampaikan terima kasih Jokowi hadir di acara konsolidasi

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Konsolidasi Nasional di Ancol, Jakarta Utara. Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, konsolidasi ini digelar dari 1-3 Desember 2022.

"Peserta yang hadir di dalam konsolnas atau konsolidasi nasional ini berjumlah sekitar 6.341 terdiri dari para anggota KPU pusat, KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, jajaran kesekjenan KPU pusat, sekretariat KPU provinsi, dan sekretariat KPU kabupaten/kota se-Indonesia," ujar Hasyim, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Simak Profil Hasyim Asy'ari, Ketua KPU RI Periode 2022-2027

1. KPU sampaikan terima kasih kepada Jokowi sudah hadir

Di Depan Jokowi, Ketua KPU Pastikan Pemilu 2024 Sesuai JadwalKetua KPU, Hasyim Asy'ari (IDN Times/Aryodamar)

Dalam kesempatan itu, Hasyim menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang ikut hadir. Dia menegaskan, penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan sesuai jadwal.

"Dapat kami katakan kehadiran Bapak Presiden adalah bentuk dukungan dari pemerintah kepada KPU, dan menunjukkan bahwa pemilu akan diselenggarakan secara tepat waktu dalam regularitas lima tahunan," kata dia.

Baca Juga: Survei: Mayoritas Publik Tak Setuju Pemilu Ditunda, Siap Pemilu 2024 

2. Jokowi minta KPU perkuat pendidikan politik masyarakat dan peserta pemilu

Di Depan Jokowi, Ketua KPU Pastikan Pemilu 2024 Sesuai JadwalPresiden Jokowi memberi penghargaan Bintang Jasa dan Bintang Mahaputera di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 11 November 2020 (YouTube/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta KPU untuk memperkuat pendidikan politik di masyarakat dan peserta pemilu.

"Saya ingin kita semua, KPU memperkuat pendidikan politik bagi para kontestan dan masyarakat," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi meminta KPU harus bisa mengajak masyarakat dan peserta pemilu untuk tidak melakukan tindakan melawan hukum di masa Pemilu 2024. Hal itu dilakukan untuk menciptakan pemilu yang damai.

"Menolak tindakan tak terpuji yang mencederai demokrasi, menyebar fitnah, ujaran kebencian, politik uang dan lain-lain," kata dia.

3. Jangan sampai ada politik adu domba

Di Depan Jokowi, Ketua KPU Pastikan Pemilu 2024 Sesuai JadwalPresiden Jokowi beri sambutan di acara Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi juga meminta kampanye harus sehat. Jangan sampai terjadi politik adu domba.

"Kita harus mendorong kampanye berkualitas yang menyehatkan demokrasi kita, optimalkan teknologi informasi, mengedepankan politik adu ide, adu gagasan, bukan politik adu domba," kata Jokowi.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya