Evaluasi Mudik 2024, Jokowi Perintahkan Tambah Rest Area di Tol

Jokowi apresiasi layanan mudik 2024 berjalan positif

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi memerintahkan penambahan rest area di tol untuk mengatasi kemacetan
  • Jokowi setuju merevitalisasi Pelabuhan Jangkar di Situbondo agar masyarakat tidak perlu menyeberang beberapa kali
  • Jokowi mengapresiasi indikator positif layanan Mudik 2024 dan menyampaikan terima kasih kepada pemudik yang disiplin dalam berkendara

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memimpin rapat terbatas evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Istana Merdeka, Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, Presiden Jokowi memerintahkan untuk menambah rest area di sejumlah ruas tol.

Hal itu karena terjadi penumpukan di sejumlah rest area sehingga turut menjadi salah satu penyebab kemacetan di dalam tol.

"Bapak Presiden telah memerintahkan kepada kami untuk melakukan perbaikan di beberapa hal yang menjadi catatan. Pertama, memperbanyak jumlah rest area dan meningkatkan fasilitas di masing-masing rest area yang sudah ada. Kemudian akan segera dibangun rest area sekaligus untuk buffer zone di KM 97 dari arah Jakarta ke Merak," ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/5/2024).

Baca Juga: Jokowi Jengkel Pemda Tak Sinkron dengan Infrastruktur Pusat

1. Jokowi setuju revitalisasi Pelabuhan Jangkar

Evaluasi Mudik 2024, Jokowi Perintahkan Tambah Rest Area di TolPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selain itu, kata Muhadjir, Jokowi juga setuju untuk merevitalisasi Pelabuhan Jangkar di Situbondo. Pelabuhan ini nantinya digunakan untuk masyarakat yang ingin menyeberang dari Jawa ke NTB, NTT atau beberapa pulau kecil di Madura.

"Sehingga tidak perlu menyeberang beberapa kali karena kalau mereka lewat Ketapang, Gilimanuk. Nanti kalau mau ke NTB, mau ke Lombok harus nyeberang lagi. Kalau mau ke Sumbawa harus menyebrang lagi dan ini akan memakan waktu yang banyak sekaligus biaya yang tinggi. Karena itu dengan adanya revitalisasi pelabuhan Jangkar Situbondo, itu akan meringankan beban pelabuhan Ketapang, Gilimanuk," kata dia.

Baca Juga: Kereta Cepat Whoosh Angkut 222 Ribu Penumpang Saat Mudik Lebaran 2024

2. Jokowi apresiasi indikator positif layanan mudik 2024

Evaluasi Mudik 2024, Jokowi Perintahkan Tambah Rest Area di TolPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Presiden Jokowi juga mengapresiasi indikator positif layanan Mudik 2024. Sebab, masyarakat menyatakan puas terhadap layanan Mudik 2024.

"Bapak Presiden memberikan apresiasi terhadap penanganan mudik tahun ini yang beberapa indikator menunjukkan ada kenaikan. Kenaikan kualitas penanganan mudik tahun ini dibanding tahun lalu," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Jengkel Pemda Tak Sinkron dengan Infrastruktur Pusat

3. Jokowi terima kasih kepada pemudik yang disiplin dalam berkendara

Evaluasi Mudik 2024, Jokowi Perintahkan Tambah Rest Area di TolPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi juga menyampaikan terima kasihnya kepada para pemudik yang disiplin dalam berkendara.

"Bapak Presiden juga menyampaikan terima kasih, khususnya kepada pemudik yang telah berdisiplin mematuhi semua aturan dan juga mengikuti imbauan-imbauan. Termasuk mereka yang ikut mudik gratis, mudik lebih awal dan mereka yang betul-betul menggunakan kendaraan yang memenuhi syarat, berstandar baik sehingga angka kecelakaan tahun ini bisa ditekan lumayan tinggi, yaitu ada penurunan kecelakaan dan juga yang mengalami kecelakaan fatal," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Sentil Pejabat yang Kebanyakan Rapat dan Studi Banding

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya