Ganjar Beberkan 3 Fondasi untuk Wujudkan Indonesia Maju

Ganjar ingin berantas korupsi

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo membeberkan tiga fondasi untuk mewujudkan Indonesia maju. Ganjar mengatakan, tiga fondasi itu adalah digitalisasi dalam pemerintahan, membasmi korupsi, dan melipatgandakan anggaran negara untuk mewujudkan pelayanan berkualitas. 

Ganjar mengatakan, sistem digitalisasi pemerintahan harus ditingkatkan. Hal itu dilakukan untuk transparansi dan meminimalkan tindak pidana korupsi.

Baca Juga: Ganjar Beberkan Visi Misi, Ada 7 Program Kunci Bangun Indonesia

1. Sistem digital pemerintah bisa hemat anggaran

Ganjar Beberkan 3 Fondasi untuk Wujudkan Indonesia MajuBacapres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar menceritakan pengalamannya menerapkan sistem digitalisasi saat menjabat Gubernur Jawa Tengah. Hasilnya, bisa menghemat anggaran Rp1,2 miliar melalui e-budgeting dan e-planning

"Begitu kita potong dengan digitalisasi di pemerintahan, apa yang terjadi? Rp1,2 triliun duit bisa kita hemat," ujar Ganjar The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023).

Baca Juga: Buku Membongkar Pikiran Ganjar, Isinya tentang Isu Hukum hingga Budaya

2. Ganjar ingin berantas korupsi

Ganjar Beberkan 3 Fondasi untuk Wujudkan Indonesia MajuBacapres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Istimewa)

Ganjar mengatakan, praktik korupsi harus diberantas. Menurutnya, budaya korupsi harus dihapus untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

"Kita mesti jadi pemerintahan yang bersih. Dan ini saya kira PR yang saat ini belum selesai dan kita takut untuk membicarakan secara terbuka, maka anti korupsi menjadi wajib," kata dia.

Menurutnya, pendidikan anti korupsi harus diberikan sejak dini. 

"Kita punya komitmen memasukkan pendidikan anti korupsi di sekolah, mulai sekolah, kalau itu enggak, ya enggak terjadi," ujar dia.

Baca Juga: Prabowo, Ganjar, dan Anies, Mana yang Sesuai Kriteria Agum Gumelar?

3. Ganjar beberkan strategi mencapai Indonesia maju

Ganjar Beberkan 3 Fondasi untuk Wujudkan Indonesia MajuGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ganjar kemudian membeberkan strategi untuk mencapai fondasi Indonesia maju. Ganjar ingin meningkatkan pembangunan SDM melalui peningkatan pendidikan dan pelatihan. Selain itu, stabilitas harga juga perlu dilakukan untuk meringankan beban masyarakat.

Ganjar mengaku ingin mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan program padat karya, membangun rumah layak huni, meningkatkan insentif guru honorer, hingga meminta semua pihak ikut membantu pemerintahan mengentaskan kemiskinan.

"Kemismikan yang menjadi isu yang belum selesai, antara lain kita selesaikan dengan investasi di keluarganya," ujar dia.

Ganjar juga ingin memperbaiki layanan kesehatan. Misalnya, penguatan jaringan pengaman sosial dengan satu data Indonesia hingga perluasan jangkauan BPJS.

"Begitu satu data Indonesia selesai, dan seluruh sektor dan sub sektornya ketangkap sama kita, perencanaan kita ke depan akan lebih presisisi," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya