Ganjar Beberkan Arahan Megawati dalam Rakernas V PDIP

Salah satu arahannya mengenai kesiapan Pilkada 2024

Intinya Sih...

  • Politikus PDIP Ganjar Pranowo mengungkap arahan yang disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas V di Ancol, Jakarta Utara. Di antaranya arahan terkait strategi pemenangan Pilkada 2024. Kader PDIP diminta mengantisipasi tekanan pada Pilkada 2024 dan membangun kerja sama dengan partai lain.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, memberikan arahan secara internal kepada kadernya pada hari kedua Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta Utara.

Mantan calon presiden nomor urut tiga yang juga politikus PDIP, Ganjar Pranowo, mengungkap salah satu arahan Megawati dalam rakernas adalah terkait strategi pemenangan Pilkada 2024.

"Arahannya tertutup ya, ada poin yang umum sebenarnya, lebih pada kesiapan-kesiapan kita untuk menghadapi Pilkada," ujar Ganjar di sela rakernas, Sabtu (20/5/2024).

Baca Juga: Seloroh Megawati ke Puan soal Gantian Jadi Ketum, PDIP: Cuma Bercanda

1. Perlu ada antisipasi berbagai tekanan dari berbagai pihak

Ganjar Beberkan Arahan Megawati dalam Rakernas V PDIPGanjar Pranowo di Rakernas V PDIP (dok. PDIP)

Ganjar menyampaikan, Megawati mengingatkan agar seluruh kader PDIP mengantisipasi berbagai tekanan pada Pilkada 2024. Menurutnya, proses Pilpres 2024 bisa menjadi pembelajaran.

"Ya, ada yang money politic, ada yang tekanan. Nah, yang begini-begini tentu dalam kepentingan partai, mesti diantisipasi dari sekarang, termasuk persiapan bagaimana membangun kerja sama dengan partai lain untuk Pilkada. Saya kira PR-PR itu yang di-highlight," kata dia.

Baca Juga: Sejumlah DPD PDIP Kompak Harap Pilkada 2024 Tak Ada Intervensi Aparat

2. Ganjar tak bisa beberkan secara rinci arahan Megawati

Ganjar Beberkan Arahan Megawati dalam Rakernas V PDIPGanjar Pranowo hadir di acara halalbihalal TPN (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ganjar mengaku, tidak bisa membeberkan secara rinci arahan Megawati. Sebab, itu merupakan arahan yang hanya ditujukan bagi internal kader PDIP.

"Tapi beberapa hal yang sifatnya detail tentu itu menjadi konsumsi internal kita. Nah, intinya seluruh kader kita diminta untuk menyiapkan semuanya, selalu turun ke masyarakat, mendengarkan suara-suara yang ada," kata mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

3. Ganjar beberkan kriteria cagub Jateng

Ganjar Beberkan Arahan Megawati dalam Rakernas V PDIPGanjar Pranowo hadir di acara halalbihalal TPN (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku belum ada keputusan dari DPP PDIP terkait kandidat yang akan dicalonkan partainya sebagai calon gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024.

Namun, Ganjar membeberkan kriteria apa saja yang bisa menjadi cagub Jawa Tengah.

"Orangnya mesti punya integritas yang tinggi, transparan, akuntabel, melayani masyarakat dengan tiga; bisa mudah, murah, cepat. Kalau gak, itu pasti tidak akan diharapkan oleh masyarakat. Kalau itu ya, pasti akan diharapkan oleh masyarakat," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya