Ganjar Dorong Penguatan Pemerintah Desa: Berikan Kepercayaan Penuh

Ganjar ingin pemerintah pusat tak banyak mengatur

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo mendorong pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada kepala desa (kades), untuk mengelola dana desa. Menurutnya, pemerintah desa merupakan kunci untuk kesejahteraan warga.

"Yang perlu diberikan oleh negara ini kepada desa adalah trust (kepercayaan). Kasih itu pada kades, trust. Ketika trust, maka pemerintah jangan terlalu ngatur banyak-banyak, apalagi kalau itu soal anggaran dana desa," ujar Ganjar dalam acara Mata Najwa yang digelar di kampus UGM, Sleman, Selasa (19/9/2023) malam.

Baca Juga: Manfaatkan Bonus Demografi, Ganjar Dorong 6 Transformasi

1. Pemerintah pusat cukup berikan aturan dalam mengelola dana desa

Ganjar Dorong Penguatan Pemerintah Desa: Berikan Kepercayaan PenuhGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyampaikan, pemerintah pusat perlu memberikan aturan mana yang boleh dilakukan dalam mengelola dana desa. Untuk pengelolaannya, kata Ganjar, berikan kepercayaan kepada pemerintah desa.

"Kalau kita trust, dana desanya kita kasih rambu-rambu, agar mereka punya bandwidth untuk menyusun program," ucap dia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sebut Perlu Ada Penguatan di Tubuh KPK

2. Dorong masyarakat desa berinovasi

Ganjar Dorong Penguatan Pemerintah Desa: Berikan Kepercayaan PenuhGanjar di Universitas Gadjah Mada (UGM) saat diskusi "3 Bacapres Bicara Gagasan", Selasa (19/9/2023) (IDNTimes/Herlambang Jati)

Ganjar mendorong masyarakat desa berinovasi. Ketika menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar kerap berkolaborasi dengan aparatur desa.

"Kemudian kita treat mereka agar mereka punya pemikiran-pemikiran untuk dia berinovasi. Desa anti korupsi terbentuk, desa inklusi terbentuk," kata dia.

Baca Juga: Muncul dalam Azan TV, Ganjar: Saya Tak Punya Sejarah Politik Identitas

3. Pemerintah pusat diminta jangan terlalu mengatur pemerintah desa

Ganjar Dorong Penguatan Pemerintah Desa: Berikan Kepercayaan PenuhBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Dalam kesempatan itu, Ganjar meminta pemerintah pusat untuk tidak terlalu mengatur pemerintah desa. Berikan kebebasan sesuai koridor untuk mengembangkan desanya.

"Kerika trust, maka pemerintah jangan terlalu ngatur banyak-banyak, apalagi kalau itu soal anggaran dana desa habis. Kalau kita trust, asal usul desa yang asli itu (akan muncul). Kita berikan kepada mereka, cukup dengan rambu-rambu," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya