Ganjar Siap Nyapres, Airlangga Hartarto: Nanti Aja, Golkar Mau Ultah!

Airlangga tak mau komentar soal Ganjar siap jadi capres

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengaku siap menjadi calon Presiden (capres) 2024. Namun, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, masih enggan berkomentar mengenai hal itu.

Airlangga mengaku saat ini sedang fokus terhadap peringatan hari ulang tahun Golkar terlebih dahulu.

"Ya nanti kita bahas dalam periode terentu, Golkar besok mau ulang tahun," ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Baca Juga: Ganjar Siap Jadi Capres, GP Mania: Sinyal Dukungan dari Megawati

1. Pernyataan Ganjar siap jadi capres

Ganjar Siap Nyapres, Airlangga Hartarto: Nanti Aja, Golkar Mau Ultah!Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman)

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara, Ganjar ditanya soal kesiapan menjadi capres. 

Kemudian dengan lugas Ganjar menjawab, “Untuk bangsa dan negara ini, apa sih yang kita tidak siap?" kata dia, Selasa (18/10/2022) malam.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan, dia sudah menjadi anggota partai sejak PDI Perjuangan (PDIP) masih bernama PDI. 

“Bahkan sejak mahasiswa. Masih PDI. Setelah itu berganti PDI Perjuangan. Saya di partai tahun 90-an, maka kalau kita bicara dalam kondisi dua realitas yang ada itu, maka sebenarnya kalau untuk bangsa dan negara, apa sih yang kita tidak siap,” kata Ganjar.

Kemudian Ganjar kembali ditanya, Kalau pertanyaannya disederhanakan, Pak Ganjar sendiri mau gak jadi Presiden RI?"

Ganjar kembali menjawab dengan pernyataan sama.

"Untuk bangsa dan negara ini, apa sih yang kita tidak siap," ucap dia.

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Zikir Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden

2. GP Mania sebut kesiapan Ganjar diduga dapat sinyal dari Megawati

Ganjar Siap Nyapres, Airlangga Hartarto: Nanti Aja, Golkar Mau Ultah!Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Sementara itu, Ketua Ganjar Pranowo (GP) Mania, Immanuel Ebenezer, menilai kesiapan Ganjar Pranowo, menjadi calon presiden (capres) menyiratkan adanya dukungan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Menurut dia, sebagai kader yang dikenal taat, Ganjar tidak akan melangkahi instruksi dari Megawati.

"Kita senang atas sinyal halus yang diberikan Ibu Megawati melalui kader terbaik Ganjar Pranowo. Elektabilitas PDI Perjuangan akan meningkat juga,” kata Immanuel dalam keterangannya, Rabu (19/10/2022).

Baca Juga: PPP Buka Peluang Terima Ganjar Pranowo Jadi Capres 

3. GP Mania sebut PDIP mulai lirik Ganjar

Ganjar Siap Nyapres, Airlangga Hartarto: Nanti Aja, Golkar Mau Ultah!Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pria yang akrab dipanggil Noel ini menegaskan, pernyataan Ganjar menyiratkan kesiapan untuk tampil dalam gelanggang dan konstelasi capres. 

Noel meyakini, pernyataan Ganjar itu didahului oleh inisiatif dari para petinggi PDIP, terutama Megawati untuk menurunkan pemain dalam merebut simpati rakyat.

“Ibaratnya, ini isyarat PDI Perjuangan ‘jorokin’ (dorong) Ganjar untuk turun langsung ke medan gelanggang," ucap dia.

Baca Juga: PPP Sumut Deklarasi Usung Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya