Gaya Jokowi Semai Padi di Subang, Tak Injak Lumpur Sawah

Jokowi yakin Indonesia segera swasembada beras 

Subang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja ke Subang, Jawa Barat. Salah satu lokasi yang dikunjungi Jokowi yakni Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.

Setelah melakukan diskusi di dalam gedung Balai Besar Penelitian Padi, Jokowi menuju sawah, tempat biasa masyarakat menanam padi. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan sepatu hitam.

Jokowi bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan sejumlah pejabat lainnya turun langsung ke sawah. Namun, Jokowi tak menginjak langsung lumpur sawah.

Sebab, panitia sudah memasangi kayu untuk pijakan. Perwakilan dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi menjelaskan, benih padi di area sawah balai besar tidak ditanam. Melainkan disemai.

Menyemai hanya menyimpan benih padi di atas lumpur. Tidak ditanam di dalam tanah.

"Kita lihat tadi yang banyak ditanam oleh masyarakat memang Inpari 32 dan Inpari 42 dan juga varietas-varietas yang lainnya," ujar Jokowi, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Blusukan di Subang, Jokowi Bagi BLT dan Janjikan Hal ini ke Pedagang

1. Benih unggul sangat penting untuk naikkan produksi beras

Gaya Jokowi Semai Padi di Subang, Tak Injak Lumpur SawahPresiden Jokowi menyemai padi di Subang, Jawa Barat. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mengatakan, Inpari 32 dan Inpari 42 merupakan benih unggul padi yang dibuat oleh Kementerian Pertanian. Menurutnya, benih unggul sangat penting untuk menaikkan produksi beras.

"Kalau betul-betul didampingi oleh PPL-PPL (penyuluh pertanian lapangan) yang baik, satu hektare padi Inpari 32, Inpari 42, bisa menghasilkan kurang lebih sampai 12 ton. Tetapi katakanlah rata-rata 7-8 ton saja itu sudah sebuah lompatan yang sangat baik bagi stok ketersediaan pangan, utamanya beras kita," ucap dia.

Baca Juga: Masih Berduka, Jokowi Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo

2. Bila produksi padi meningkat, Jokowi yakin swasembada beras segera terjadi

Gaya Jokowi Semai Padi di Subang, Tak Injak Lumpur SawahPresiden Jokowi berkunjung ke Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, sudah tiga tahun Indonesia tak mengimpor beras. Bila produksi beras terus meningkat, Jokowi meyakini swasembada beras segera terjadi.

"Saya yakin, karena kita sudah tiga tahun ini tidak impor beras, saya yakin swasembada beras akan segera kita capai," kata dia.

3. Jokowi ingatkan ketersediaan pangan harus dalam keadaan aman di tengah krisis pandemik dan perang Rusia-Ukraina

Gaya Jokowi Semai Padi di Subang, Tak Injak Lumpur SawahPresiden Jokowi berkunjung ke Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengingatkan, stok pangan di Indonesia harus dijaga dengan baik. Hal itu karena dunia saat ini sedang mengalami ketidakpastian, karena adanya pandemik COVID-19 dan perang Rusia-Ukraina.

"Kita harus waspada, memastikan bahwa ketersediaan pangan masih pada kondisi yang aman," ucap dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya