Gempa Guncang Jember Magnitudo 5,1 dan Pulau Sarang NTB M 4,6

Gempa di Jember terjadi pukul 06.01 WIB

Jakarta, IDN Times - Gempa dengan kekuatan cukup besar terjadi di dua lokasi. Pertama di laut 42 km barat daya Jember, Jawa Timur dan kedua Pulau Sarang, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dilansir akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMGK, gempa di Jember berkekuatan magnitudo (M) 5,1. Gempa terjadi sekitar pukul 06.10 WIB, Kamis (16/12/2021).

Gempa berada di kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Denpasar dengan skala III MMI, Kuta III MMI, Legian III MMI, Banyuwangi II-III MMI, Jimbaran II MMI, Karangkates II MMI, Lumajang I-II MMI, Bondowoso I-II MMI.

Baca Juga: [UPDATE] 504 Rumah Rusak Akibat Gempa NTT, 3.900 Orang Mengungsi

1. Gempa Pulau Sarang, NTB

Gempa Guncang Jember Magnitudo 5,1 dan Pulau Sarang NTB M 4,6Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa juga terjadi di Pulau Sarang, NTB pada Rabu, 15 Desember 2021 sekitar pukul 23.12 WIB. Maginuto gempa 4,6 dengan kedalaman 10 km.

Lokasi gempa berada di laut 13 km barat laut Pulau Sarang. Skala gempa dirasakan di Lombok Utara, Lombok Timur, dan Sumbawa III MMI.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa M 7,4 Guncang NTT, Ada Warga Berlarian Bawa Infus

2. Gempa di NTT

Gempa Guncang Jember Magnitudo 5,1 dan Pulau Sarang NTB M 4,6Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada Selasa, 14 Desember 2021 pukul 10.20 WIB, gempa terjadi di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Magnitudo gempa 7,4.

Usai gempa, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami. Selang dua jam, BMKG mencabut peringatan dini tsunami karena tidak ada tanda-tanda air naik.

3. Gempa di Laut Flores NTT akibat patahan sesar

Gempa Guncang Jember Magnitudo 5,1 dan Pulau Sarang NTB M 4,6Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, gempa yang terjadi di Laut Flores akibat adanya sesar atau patahan laut aktif.

"Gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar atau patahan laut aktif di Laut Flores. Hasil analisis mekanisme gempa bumi ini terjadi akibat adanya patahan geser (strike slip)," ujar Rita dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/12/2021).

Rita menjelaskan, guncangan gempa dirasakan di daerah Ruteng, Labuan Bajo, Larantuka, Maumere, Adonara dan Lembata berkekuatan III –IV

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya