Gerindra-PKB Bertemu Lagi, Bahas Poin Piagam Deklarasi Koalisi

PKB dan PKS sempat bertemu untuk bahas koalisi

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) semakin yakin untuk berkoalisi. Keduanya pun melakukan pertemuan kembali pada Selasa (26/7/2022).

Wakil Sekjen PKB Syaiful Huda mengatakan, dalam pertemuan itu kedua belah pikah membahas poin-poin piagam deklarasi koalisi.

"Alhamdulillah, kami kembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang memuat visi, misi, dan latar belakang kenapa kami harus bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024. Ini penting karena kami tidak ingin Kerjasama kami ini hanya sekadar pragmatism politik, tetapi lebih dari itu, kami ingin koalisi kami benar-benar untuk memberi opsi kemanfaatan lebih besar bagi Indonesia,” ujar Syaiful dalam keterangannya.

1. Apa isi piagam deklarasi itu?

Gerindra-PKB Bertemu Lagi, Bahas Poin Piagam Deklarasi KoalisiKetua Komisi X DPR RI Syaiful Huda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Syaiful menerangkan,  piagam deklarasi itu berisi pondasi kerja sama antara PKB dan  Gerindra. Dalam piagam tersebut juga tertulis mengenai langkah kerja sama politik antara PKB dan Gerindra.

"Piagam deklarasi ini seperti konstitusi yang menjadi landasan kerja sama para pihak yang nantinya akan diterjemahkan dalam kesepakatan lebih detail di kemudian hari,” kata dia.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Hubungan PKB-Gerindra Makin Lengket

2. Masih enggan menyebutkan kapan deklarasi koalisi PKB-Gerindra diumumkan

Gerindra-PKB Bertemu Lagi, Bahas Poin Piagam Deklarasi KoalisiKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Lebih lanjut, Syaiful enggan menyebutkan kapan deklarasi koalisi PKB dan Gerindra diumumkan. Yang jelas, kata dia, poin deklarasi koalisi itu pengumumannya dilakukan dalam waktu dekat.

"Kami benar-benar meniatkan kerja sama ini sebagai hal baik sehingga kita hitung secara cermat dari berbagi dimensi sehingga nantinya hasilnya juga baik untuk Indonesia,” ujar dia.

Pertemuan poin deklarasi koalisi itu dihadiri Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo. Sedangkan dari PKB hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda.

3. PKS bicara nasib koalisi semut merah dengan PKB

Gerindra-PKB Bertemu Lagi, Bahas Poin Piagam Deklarasi KoalisiKetua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, PKB dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sempat bertemu. Keduanya menyatakan akan membentuk koalisi semut merah.

Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri menganggap santai PKB semakin akrab dengan Gerindra. Menurutnya, koalisi Semut Merah pun belum melakukan deklarasi.

"Selagi belum deklarasi, bisa berubah-ubah, yang dekat bisa berjauh, yang jauh bisa dekat lagi, yang dekat bisa bubar. Semua bisa terjadi," ujar Salim di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022).

Lebih lanjut, Salim mengatakan, PKS terus melakukan komunikasi dengan partai lain. PKS akan menjalin koalisi dengan partai yang memiliki visi dan misi untuk membangun bangsa.

"Kalau komunikasi jalan terus, dengan semua partai kita lakukan, tapi sekali lagi, masih sekadar komunikasi, belum sampai pada titik untuk deklarasi," ucap dia.

Baca Juga: Di Balik Pertemuan Cak Imin dan Muzani, PKB: Makin Lengket ke Gerindra

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya