Gibran Siap Maju Cagub, PDIP Masih Evaluasi Prestasinya

PDIP masih fokus atur strategi di pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku siap menjadi calon gubernur (cagub) pada Pilkada 2024. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan semua kader partainya harus mempersiapkan diri menerima tugas apapun dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Bagi PDIP seluruh kader itu harus mempersiapkan diri menggembleng, harus membuat warisan ketika ditugaskan. Mas Gibran, saat ini sebagai Wali Kota Solo. Apa yang Mas Gibran lakukan, prestasi sebagai Wali Kota Solo, tentu saja menjadi bahan evaluasi dari partai di dalam menentukan tugas-tugas selanjutnya dan itulah yang dilakukan," ujar Hasto di Bandung, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Gibran Cocok Jadi Cagub DKI atau Jateng? PKB: Yang Ukur Rakyat

1. PDIP terus meningkatkan kemampuan kadernya

Gibran Siap Maju Cagub, PDIP Masih Evaluasi PrestasinyaSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di acara Ngobras di DPC PDIP Kota Bandung, Jumat (27/1/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto menerangkan, PDIP terus meningkatkan kemampuan kadernya secara periodik. Meski demikian, PDIP kini masih fokus pada persiapan pemilu 2024.

"Namun di dalam Pilkada DKI Jakarta, PDIP mengikuti tahapan dengan baik. Saat ini, fokus PDIP mempersiapkan Pileg dan Pilpres, setelah itu baru berbicara Pikada," kata dia.

Cocok atau tidaknya Gibran menjadi cagub DKI Jakarta atau Jawa Tengah, dijelaskan Hasto, sebenarnya bergantung pada pilihan rakyat.

"Yang cocok atau tidak kan rakyat. Nanti ada ukurannya prestasinya bagaimana di Solo, itu yang harus dilakukan terlebih dahulu," ucap dia.

Baca Juga: Nama Gibran dan Risma Mencuat Jadi Cagub DKI, PDIP Siap Colek Megawati

2. Bila Maju Pilgub Jateng, Gibran bakal diusung banyak parpol

Gibran Siap Maju Cagub, PDIP Masih Evaluasi PrestasinyaGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Peluang Gibran untuk memenangkan perolehan suara, dianggap besar, jika mencalonkan diri pada kontestasi Pilgub Jateng 2024 mendatang.

Pakar politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Teguh Yuwono, mengatakan kemenangan besar akan diraih Gibran, karena Jawa Tengah masih menjadi basis massa terkuat bagi PDIP. 

"Kan, Jawa Tengah menjadi kandang banteng. Jadinya, tidak penting berapa jumlah yang diusung. Tapi karakternya PDIP yang lebih besar," kata pria yang menjadi Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FISIP UNDIP kepada IDN Times, Kamis (26/1/2023). 

3. Kemenangan Gibran akan ditentukan figur Jokowi

Gibran Siap Maju Cagub, PDIP Masih Evaluasi PrestasinyaPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Teguh mengaku sebenarnya kunci kemenangan PDIP pada Pilgub Jateng bukan pada sosok Gibran. Melainkan, katanya pada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dia berkata Megawati akan menjadi penentu untuk menempatkan tokoh politik menjadi Gubernur Jawa Tengah maupun DKI Jakarta. 

Proses kemenangan Gibran di Pilgub Jateng juga akan dipengaruhi kepemimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan karakter yang mengakar dan kuat. 

"Penentu kemenangan Gibran di Solo, ada faktor ayahnya yang kuat. Faktor itu akan terjadi ketika Pilgub Jateng. Karena Gibran yang pemuda kemarin sore ada di politik, tidak mudah membangun loyalitas," ujar Teguh. 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya