Indonesia-Malaysia Sepakati MoU Perlindungan Pekerja Migran

Jokowi minta MoU ini tak hanya berhenti di atas kertas saja

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Malaysia, Datuk Sri Ismail Sabri yakoob hari ini melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. Dalam kunjungannya, Sabri disambut Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan ucapan selamat datang kembali kepada Perdana Menteri Datuk Sri Ismail Sabri Yaakob di Indonesia. Ini merupakan kunjungan kedua bagi PM Sabri ke Indonesia," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga: Mulai 1 April, Wisata ke Malaysia Dipermudah Tak Perlu Karantina

1. Indonesia-Malaysia sepakat lindungi pekerja migran RI

Indonesia-Malaysia Sepakati MoU Perlindungan Pekerja MigranIndonesia dan Malaysia sepakat lindungi pekerja migran Indonesia di Malaysia (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kunjungan kerja itu, Indonesia dan Malaysia melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk melindungi pekerja migran asal Indonesia yang ada di Negeri Jiran. Jokowi mengatakan, perlindungan itu merupakan hak warga Indonesia.

"Pekerja migran Indonesia telah berkontribusi banyak bagi pembangunan ekonomi di Malaysia. Sudah sewajarnya mereka mendapatkan hak dan perlindungan yang maksimal dari dua negara," katanya.

Baca Juga: Polisi Tangkap 5 Penyelundup Pekerja Migran Ilegal ke Malaysia

2. Jokowi harap MoU ini bisa dijalankan dengan baik

Indonesia-Malaysia Sepakati MoU Perlindungan Pekerja MigranIndonesia dan Malaysia sepakat lindungi pekerja migran Indonesia di Malaysia (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi berharap, MoU ini bisa dijalankan dengan baik. Dia meminta agar MoU perlindungan pekerja migran Indonesia ini agar tidak hanya berhenti di atas kertas saja.

"Dengan kehadiran PM Sabri hari ini, saya yakin MoU ini dapat dilaksanakan dengan baik dan saya tidak ingin MoU ini hanya berhenti di atas kertas saja, semua pihak harus menjalankan MoU ini dengan baik," katanya.

3. Jokowi harap perjanjian juga dapat dikembangkan ke sektor lain

Indonesia-Malaysia Sepakati MoU Perlindungan Pekerja MigranPerdana Menteri Malaysia, Datuk Sri Ismail Sabri yakoob di Istana Merdeka, Jakarta (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, perjanjian juga dapat dikembangkan ke sektor lain. Misalnya, terkait ladang pertanian, manufaktur hingga jasa.

"Selain itu kita juga masih melihat maraknya kasus penyelendupan orang, OKI kita sepakat untuk mulai membahas kerja sama penanganan penyelendupan orang termasuk di penegakkan hukumnya," katanya.

Jokowi mengatakan, dalam pertemuan dengan Sabri, juga akan dibahas mengenai batas maritim dan udara antar kedua negara. Terlebih, saat ini sudah terbukanya perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Baca Juga: Cak Imin Didukung Pekerja Migran Jabar untuk Maju di Pilpres 2024

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya