Internasional Women's Day, Cak Imin: Saya Komitmen pada Kesetaraan

Cak Imin menyebut, merangkul kesetaraan merupakan tantangan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mengaku berkomitmen pada kesetaraan gender.

Hal itu disampaikan Cak Imin dalam acara Women's Day Run pada Minggu (12/3/2023) yang dimulai dari Kompleks DPR RI bertema "Equality Today For a Harmony Tomorrow."

"International Women's Day ini punya makna penting sebagai wujud penghargaan dan apresiasi kita terhadap perempuan di seluruh dunia dalam memperjuangkan hak-hak perempuan tanpa memandang asal, etnis, bahasa, budaya, dan ekonomi serta pandangan politik," ujar Cak Imin dalam keterangannya.

1. Dorong keterlibatan perempuan dalam pembangunan

Internasional Women's Day, Cak Imin: Saya Komitmen pada KesetaraanKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar hadir di acara Women's International Day di Kompleks DPR RI (dok. PKB)

Wakil Ketua DPR RI mengatakan, pihaknya juga terus mendorong perempuan untuk terlibat dalam pembangunan. Dia menegaskan, keseteraan gender ada dan nyata di Indonesia.

"Inilah tantangan kita bersama. Karena itu saya berkomitmen untuk selalu merangkul kesetaraan dan inklusi dalam pembangunan di Indonesia. Terutama dalam bidang politik. Kita akan terus mendorong keterlibatan perempuan secara aktif dalam dunia politik. Kebijakan-kebijakan bias gender harus kita akhiri dan menyatakan saatnya kita merangkul kesamaan," kata dia.

Baca Juga: Nelayan Muara Angke Sampaikan Aspirasi, Cak Imin: Ini Masalah Klasik

2. Hari perempuan diperingati sebagai perjuangan untuk kesetaraan wanita

Internasional Women's Day, Cak Imin: Saya Komitmen pada KesetaraanKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar hadir di acara Women's International Day di Kompleks DPR RI (dok. PKB)

Lebih lanjut, Cak Imin menerangkan, hari perempuan internasional diperingati sebagai wujud perjuangan untuk kesetaraan wanita. Oleh karena itu, dia meminta untuk tak lagi memandang sebelah mata perempuan dalam hal apapun.

"Karena itu saya mengapresiasi sahabat sahabat DKN Garda Bangsa bersama Perempuan bangsa yang mengangkat tema: Equality/Kesetaraan pada perayaan kali ini. Sebuah ajakan untuk menentang stereotip gender, menentang diskriminasi, kekerasan serta mengupayakan inklusifitas dalam segala aspek kehidupan," kata dia.

3. Kesetaraan gender di Indonesia alami perbaikan

Internasional Women's Day, Cak Imin: Saya Komitmen pada KesetaraanKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di sela-sela acara Itjima Ulama Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan itu, Cak Imin menyebut kesetaraan gender di Indonesia mengalami perbaikan. Pernyataan Cak Imin itu merujuk pada skor Indeks Kesenjangan Gender Global (GGGI) Indonesia sebesar 0,697 poin pada 2022.

Skor Indeks itu naik 0,009 poin dari tahun sebelumnya. Kenaikan indeks tersebut menjadikan Indonesia naik ke peringkat 92 secara global.

"Inilah tantangan kita bersama. Karena itu saya berkomitmen untuk selalu merangkul kesetaraan dan inklusi dalam pembangunan di Indonesia. Terutama dalam bidang politik. Kita akan terus mendorong keterlibatan perempuan secara aktif dalam dunia politik. Kebijakan-kebijakan bias gender harus kita akhiri dan menyatakan saatnya kita merangkul kesamaan," imbuhnya.

Baca Juga: Hari Internasional HAM, Komnas Perempuan Soroti Implementasi UU TPKS

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya