Istana: Surya Paloh Sampaikan Suasana Politik Bukan Duet Anies

Jokowi baru tahu duet baru Anies usai bertemu Cak Imin

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis (31/8/2023) kemarin. Menteri Sektretaris Negara, Pratikno mengatakan, dalam pertemuan itu, Surya Paloh menyampaikan kondisi politik saat ini.

Namun, Pratikno membantah kalau Surya Paloh melaporkan bahwa NasDem sudah memutuskan memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapres Anies Baswedan.

"Koalisi kan urusannya partai. Waktu itu, maaf kemarin itu, topik pembicaraannya ringan-ringan saja dan Pak Surya itu menyampaikan suasana politik itu dingin-dingin saja, tidak ada yang perlu dikhawatirkan gitu. Ya hanya itu, tidak ada pembicaraan tentang koalisi parpol dalam pilpres dan lain-lain, itu tidak ada sama sekali," ujar Pratikno dalam keterangannya, Jumat (31/8/2023).

Menurutnya, Jokowi baru mengetahui kalau Anies-Cak Imin diduetkan setelah pertemuan dengan Cak Imin. Pratikno menyampaikan, Surya Paloh juga tidak menyampaikan rencana politik NasDem.

"Termasuk tidak ada pembicaraan tentang misalnya Pak Surya menyampaikan rencana apa namanya, Pak Muhaimin menjadi cawapresnya Pak Anies, juga tidak ada pembicaraan tentang itu. Tahunya itu setelah pertemuan," ucap dia.

Lebih lanjut, Pratikno menyampaikan, PKB juga tidak menyampaikan kalau Cak Imin berpasangan dengan Anies.

"PKB tidak memberitahu, Pak Surya Paloh saat jumpa kemarin juga tidak memberitahu gitu. Jadi sama sekali tidak tahu dan tidak ada maksud sekalipun untuk menghalangi seseorang. Intinya pemerintah mendukung sepenuhnya proses demokrasi ini berjalan dengan baik dan berkualitas, gitu aja ya," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Klaim Tak Bahas Duet Anies-Cak Imin Saat Bertemu Surya Paloh

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya