Jadi Kepala BNN, Ini Profil Irjen Marthinus Hukom

Marthinus Hukom satu angkatan Kapolri Jenderal Listyo Sigit

Jakarta, IDN Times - Irjen Marthinus Hukom telah sah menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) setelah dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (8/12/2023).

Irjen Marthinus menjadi Ketua BNN untuk menggantikan menggantikan Komjen Pol Petrus R Golose yang memasuki usia pensiun pada 1 Desember 2023.

Marthinus lahir di Maluku Tenggara, pada 30 Januari 1969. Marthinus lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang pada 1991. Marthinus merupakan rekan satu angkatan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Marthinus pernah menjabat sebagai Kepala Antiteror Bom Polda Mentro Jaya pada 2001. Dia kemudian menjabat Analis Intelijen di Satuan Antiteror Polri setelah adanya Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Marthinus juga sebetulnya bukan orang lama di BNN, dia sempat menjadi Kelompok Ahli di BNN untuk bidang intelijen. Marthinus kemudian menjabat sebagai Kepala Bidang Intelijen Densus 88 Antiteror Polri pada 2010.

Pada 2015, Marthinus menjabat sebagai Wakil kepala Densus 88 Antiteror Polri. Marthinus naik pangkat menjadi Irjen dan menduduki jabatan Kepala Densus 88 Antiteror Polri.

Baca Juga: Jokowi Lantik Irjen Marthinus Hukom Jadi Kepala BNN Siang Ini

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya